Mozilla Resmi Luncurkan Firefox OS untuk Perangkat Mobile

Diposkan oleh: di 13:06 | 0 Komentar
Akhirnya setelah beberapa waktu lalu Mozilla memperkenalkan sistem operasi barunya untuk perangkat mobile, kini sistem operasi yang dikenal dengan nama Firefox OS sudah resmi diluncurkan oleh Mozilla Corp. Seperti yang dilaporkan GSMArena, Mozilla dengan bangga mengumumkan bahwa mereka memiliki kesepakatan dengan 18 operator, berkerjasama dengan Qualcomm untuk menggunakan chipset Snapdragon dan empat perusahaan manufakture yaitu ZTE, Alcatel, LG dan Huawei. Dua dari perusahaan tersebut juga memamerkan ponsel pertama yang menggunakan Firefox OS di acara MWC.

Firefox OS menggunakan aplikasi berbasis HTML5 yang berjalan bersama teknologi Firefox browser dan ditargetkan untuk kalangan entri level sebagai langkah awalnya. Pengembang web bisa dengan mudah membuat dan memposting aplikasi di Marketplace Firefox. Sebagai contoh anda bisa menemukan aplikasi yang tersedia melalui Firefox Aurora untuk Android seperti Facebook, Twitter, Nokia HERE, integrasi Box serta game dari EA Mobile dan Disney Mobile Game.

Firefox OS juga memiliki komitmen yang sama untuk privasi, keamanan dan kostumisasi seperti pada browser Firefox yang sudah terkenal sebelumnya, serta memberikat fitur yang menarik yaitu didasarkan pada pencarian. Selain itu OS ini juga memiliki fungsi untuk panggilan video melalui Web RTC yang sudah tersedia di aplikasi Firefox Aurora untuk Android dan nantinya juga akan tersedia untuk browser desktop PC.

Dalam acara tersebut juga dipamerkan ponsel yang akan menggunakan Firefox OS yaitu Alcatel One Touch Fire dan ZTE Open. Alcatel One Touch Fire akan mulai debut pertamanya di China (melalui China Mobile), Amerika Latin dan akan menjadi ponsel berOS Firefox pertama di Eropa (khususnya Polandia) melalui mitra Deutsche Telekom.

Alcatel One Touch Fire dikatakan akan memiliki layar 3.5 inchi, prosesor 1GHz dengan RAM 256MB, kamera 3.2MP, memori internal 512MB plus slot microSD (terpasang 2GB) dan mendukung konektivitas seperti Wi-Fi, 3G, Bluetooth dan GPS (melalui Nokia HERE). Anda bisa melihat video dari Alcatel One Touch Fire yang menunjukkan beberapa fitur dari Firefox OS.

Source video dari Youtube oleh Deutschetelekom

Sedangkan untuk ZTE Open dikatakan akan memiliki spesifikasi seperti layar 3.5 inchi HVGA, prosesor Cortex-A5 1GHz dengan RAM 256MB, memori internal 512MB dan slot microSD dengan sudah dibekali 2GB didalamnya. Untuk konektivitas yang ada di ZTE Open diantaranya 3G (HSDPA 7.2Mbps, HSUPA 5.76Mbps), Wi-Fi b/g/n, Bluetooth, GPS dan Radio FM.

Sumber via GSMArena
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...