Review: Samsung Galaxy Young S6310 - Android Jelly Bean Harga Sejutaan

Diposkan oleh: di 00:06 | 1 Komentar
Samsung Galaxy Young S6310 datang sebagai penerus kesuksesan seri Galaxy Young pertama. Meskipun membawa nama Young untuk perangkat entry-level, namun ternyata Galaxy Young S6310 sudah dibekali dengan hardware yang lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Bahkan jika anda ingin mincicipi rasa Jelly Bean dari produk Samsung dan budget anda terbatas, Galaxy Young S6310 bisa anda lirik untuk dicoba.

DESAIN
Galaxy Young S6310 memiliki konsep desain lebih oval dan sleek dibandingkan versi Young pertama. Masih menggunakan bodi berbahan plastik dengan dibalut warna mengkilap serta aksen logam pada bagian sisinya membuat tampilan Galaxy Young S6310 lebih terlihat elegan dan mewah meskipun dilepas dengan harga sejutaan.

Pada bagian atas, anda akan menemukan lubang port audio 3,5mm serta lekukan kecil untuk membuka casing belakang, sedangkan pada bagian bawah terdapat sebuah port micro USB. Untuk slot microSD berada didalam casing, letaknya berada diatas baterai sehingga anda dapat melakukan hot-swap juga. Untuk mencari tombol power/lock bisa anda temukan dibagian sisi kanan yang simetris dengan letak tombol pengatur volume pada sisi kiri.

Pada bagian depan anda akan menemukan layar sentuh dengan earpiece dan sensor jarak diatasnya. Sedangkan untuk bagian bawah layar, terdapat tombol kapasitif yang memiliki fungsi home, menu dan back. Untuk bagian belakang bodinya, anda akan menemukan kamera 3MP tanpa disertai led flash dan lubang loudspeaker di sebelah kanan atas disamping kamera. Tidak lupa nama Samsung juga tertulis pada bagian belakang bodi tepat dibagian tengah ponsel.

LAYAR dan INTERFACE
Samsung Galaxy young S6310 memiliki layar berukuran 3,27" dengan resolusi HVGA (320x480). Kecerahan layar cukup baik mengingat harga yang dibandrol untuk smartphone ini dikisaran sejutaan. Layar juga sudah mendukung kemampuan multitouch sehingga lebih nyaman saat digunakan zoom atau membuka beragam aplikasi. Sayangnya kita tidak akan mendapatkan sensor untuk menyesuaikan kecerahan layar pada perangkat ini.

Dalam paket penjualannya, Galaxy Young S6310 sudah menjalankan Android 4.1.2 Jelly Bean dengan tampilan TouchWiz UI terbaru yang dijuluki dengan Nature UI. Antarmuka yang disajikan Galaxy Young identik dengan yang ada pada Galaxy SIII Mini dan SII Plus karena mereka juga memiliki versi Android yang sama.

Pada bagian lockscreen, anda bisa menambahkan tiga buah pintasan atau folder khusus, sedangkan pada bagian homescreen bisa anda kelola dengan beragam widget, folder atau pintasan dengan 8 slide sheet yang bisa anda penuhi. Anda juga bisa melakukan pinch to zoom untuk memperkecil dan mengelola panel homescreen.

GALERI, AUDIO dan MULTIMEDIA
Samsung Galaxy Young S6310 datang dengan tampilan standar galeri pada Jelly Bean. Selain tampilan album, foto juga dapat diurutkan berdasarkan lokasi, waktu, orang (dengan tag wajah) dan grup. Saat melihat foto secara tunggal, anda akan menemukan beberapa cara pintas untuk berbagi dan pilihan untuk menghapus pada bagian atas, sedangkan pada bagian bawah merupakan thumbnail gambar lain dalam album ini.

Untuk sektor Audio, smartphone ini sudah menggunakan pemutar musik TouchWiz-ed yang sama dengan Galaxy S4. Samsung juga memungkinkan anda untuk mempersonalisasikan beragam setting audio dengan SoundAlive hingga 7 channel virtualisasi. Musik dapat diurutkan dengan beragam kategori, salah satu yang menarik disebut Music square yang mirip dengan fitur SensMe pada ponsel Sony Ericsson. Dengan Music square anda dapat memutar musik sesuai dengan mood yang sedang anda rasakan.

Pemutar video yang ada pada Galaxy Young memungkinkan anda untuk memilih antara tiga mode tampilan sesuai yang anda inginkan yaitu fit to screen, fill screen dan 100% resolusi. Pemutar video juga didukung dengan teknologi SoundAlive sehingga lebih memaksimalkan anda dalam memutar video favorit, namun sayangnya pemutar video tidak mendukung kualitas HD 1080p dan tidak mendukung format MKV. Jika anda bosan dengan pemutar musik atau video, anda bisa mendengarkan siaran radio favorit anda yang bisa anda rekam untuk anda simpan.

KAMERA
Tidak ada yang istimewa dari sektor kamera, Galaxy Young S6310 dibekali dengan kamera 3,15MP fixed-focus tanpa tambahan lampu kilat. Kualitas gambar yang dihasilkan juga standar dan objek yang anda ambil harus benar-benar tidak bergerak atau hasil foto akan menjadi blur. Antarmuka dari kamera juga hampir sama dengan perangkat Samsung sebelumnya, pada bagian sisi kanan terdapat saklar kamera/camcoder, shutter sentuh dan pintasan galeri. Sedangkan pada bagian sisi kiri terdapat pilihan kontrol yang bisa anda pilih dengan tiga buah pintasan sesuai yang anda inginkan dan menu setting dibagian paling bawah.

KONEKTIVITAS
Samsung Galaxy Young S6310 bisa dikatakan hanya memiliki konektivitas standar untuk smartphone android. Untuk akses internet, anda bisa menggunakan jalur 2G atau 3G dengan HSDPA sesuai dengan jangkauan jaringan yang anda gunakan. Selain jaringan mobile, terdapat Wi-Fi yang bisa anda gunakan saat berada dilokasi hotspot. Ada juga Bluetooth 4.0 LE yang lebih hemat daya namun memiliki jangkauan yang lebih baik.

Galaxy Young juga sudah dibekali dengan A-GPS receiver yang juga mendukung GLONASS sehingga memberikan anda kemampuan yang baik untuk penentuan posisi global dengan lebih banyak satelit yang tersedia.

Untuk menjelajah internet, tersedia browser bawaan Android Jelly Bean dengan kemampuan memuat hingga 8 tabs sekaligus. Browser juga dilengkapi dengan mode Incognito yang memungkinkan anda untuk menjelajahi web tanpa meninggalkan sejarah atau menyimpan cookies.

HARDWARE
Meskipun dilepas dengan harga terjangkau, performa yang dihasilkan oleh dapur pacu Galaxy Young S6310 cukup memuaskan. Berbekal prosesor single core 1GHz yang dipadukan dengan GPU Adreno 200 dan RAM sebesar 768MB mampu melibas segala beban kerja yang diberikan dengan mulus. Untuk menyimpan file anda pada smartphone ini disediakan ruang internal sebesar 4GB yang bisa anda tambah dengan kartu microSD hingga 64GB.

KESIMPULAN
Samsung Galaxy Young S6310 merupakan smartphone terjangkau yang layak untuk dipertimbangkan. Meskipun dari sektor kamera dan layar masih dibawah Galaxy Fame, namun kinerja yang dihasilkan oleh Galaxy Young bisa dikatakan seimbang. Selain itu, harga yang dibandrol untuk Galaxy Young S6310 juga cukup menggiurkan dan cukup layak direkomendasikan bagi pengguna pemula yang mencari smartphone Android Jelly Bean terjangkau dengan performa hardware yang mumpuni.

Kelebihan
+ Mendukung jaringan HSDPA
+ Performa mumpuni
+ Layar tajam
+ Harga terjangkau
+ Memori internal besar
+ Dukungan Hotswap
+ Android 4.1.2 Jelly Bean

Kekurangan
- Kamera belum auto focus
- Tidak ada LED flash
- Tidak ada kamera sekunder
- Tidak ada perlindungan anti gores layar

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY YOUNG S6310

Spesifikasi
Jaringan GSM/HSDPA
Dimensi 109,4x58,6x12,5mm
Berat 112 gram
Display TFT 3.27" kapasitif touchscreen, resolusi 320 x 480 piksel, multitouch 5 poin
Kamera Utama 3,15MP (2048 x 1536 piksel), Geo-tagging, fixed focus, video VGA@24fps
Kamera Sekunder tidak ada
Konektivitas HSDPA 7,2Mbps, HSUPA 5,76Mbps, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Wi-Fi Direct, Bluetooth 4.0 LE with A2DP, microUSB 2.0
Chipset Qualcomm MSM 7227A Snapdragon
Prosesor Single core 1GHz Cortex-A5
GPU Adreno 200
OS Android 4.1.2 Jelly Bean
RAM 768MB
Memori Internal 4GB (2GB user available)
Memori Eksternal microSD hingga 64GB
Sensor Proximity, Accelerometer
Baterai 1300mAh
GPS ya, dengan A-GPS
Radio ada, dengan RDS
Browser HTML
Audio Player ada, SoundAlive teknologi
Video Player ada
Warna pilihan Hitam, Putih, Merah, Silver
Harga Rp. 1.300.000 (per Agustus 2013)
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

1 komentar:

  1. kenapa pada galaxy young neo tidak dapat memperbesar di mode camcoder / video

    BalasHapus

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

1 komentar:

  1. kenapa pada galaxy young neo tidak dapat memperbesar di mode camcoder / video

    BalasHapus

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...