Review iPhone 5 - Hadir Dengan Beragam Peningkatan

Diposkan oleh: di 23:15 | 0 Komentar
DESAIN
Dimensi: 123,8 x 58,6 x 7,66mm; Berat: 112gram; Display: Retina display, 4 inci, resolusi 1136 x 640 piksel, 326 ppi
Konsep desain yang ada pada iPhone 5 tidak berbeda jauh dari iPhone sebelumnya. Layar sentuh hampir memenuhi semua bagian yang ada di depan smartphone ini. Nampak sebuah kamera dan earpiece bersandingan di depan, tombol home dibagian tengah bawah dan tombol-tombol khas dibagian sisi bodi, sedangkan pada bagian belakang terdapat kamera utama.

Tetapi ketika kita memegang smartphone ini, perbedaan mulai terlihat yaitu mulai dari pengurangan berat, ketebalan dan rasio layar yang berbeda yang membuatnya terasa lebih nyaman dalam genggaman.

KAMERA
Utama: 8MP (3264 x 2448 piksel), autofocus, Led Flash, Panorama, HDR, geo-tagging, Face detection; Video: 1080p@30fps, LED Video Light, Video Stabilization, Geo tagging; Sekunder: 1.2MP, 720p@30fps, face detection
Setelah sebelumnya Apple menyematkan kamera dengan kualitas bagus pada iPhone 4S, nampaknya kamera yang ada pada iPhone 5 juga mengusung spesifikasi yang sama. Kamera iPhone 5 memiliki kode yang sama yaitu iSight yang sama-sama memiliki kekuatan 8MP dan berbagai fitur lainnya.

Walaupun tingkat ketebalan iPhone 5 mengalami pengurangan yang lumayan drastis tidak menyebabkan hasil kamera iSight yang ada pada smartphone ini juga ikut berkurang. Jika dibandingkan dengan hasil kamera iPhone 4S, kamera iPhone 5 jauh lebih baik saat digunakan mengambil sebuah objek. Apalagi iOS 6 diberikan fitur baru yaitu panorama yang memberikan hasil lebih maksimal pada hasil kameranya. Selain itu hasil kamera dan video dari kamera iPhone 5 bisa langsung diupload ke social media seperti facebook dan twitter.

HARDWARE
CPU: Chipset A6, prosesor dual core 1GHz; GPU: PowerVR SGX 543MP3; RAM: 1GB; Sensor: Proximity, Accelerometer, Compass, Gyro
iPhone 5 masih menggunakan chipset A6 dengan prosesor dual core 1GHz sebagai dapur pacunya. Walaupun smartphone lain yang menggunakan OS Android sudah memperkenalkan chipset berprosesor 4 inti, namun kinerja A6 memiliki kinerja yang bisa diandalkan dan mengalami peningkatan dibandingkan A5 yang ada pada iPhone 4S. Kinerja chipset A6 akan mulai terasa apabila pengguna menggunakan iPhone 5 dengan beban kerja yang lebih besar, maka chipset A6 akan lebih hemat dalam penggunakan daya yang dibutuhkan.

SOFTWARE
iOS6; Passbook; Maps; SIRI
Seperti yang sudah banyak diberitakan, iPhone 5 dijalankan sistem operasi terbaru yaitu iOS 6 yang sudah diluncurkan sebelum iPhone 5 resmi dijual dipasaran. Fitur-fitur yang ada pada iOS 6 banyak mengalami peningkatan, seperti peta baru yang telah disiapkan Apple untuk menggantikan peta lawas, aplikasi pembayaran bernama Passbook yang berguna sebagai tempat manajemen tiket online dan mode pembayaran digital dan SIRI.

BATERAI
Baterai: LiPo 1440mAh
iPhone 5 memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dari iPhone sebelumnya, hal ini dikarenakan baterai yang ada pada iPhone 5 memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan sebelumnya yaitu menggunakan baterai LiPo 1440mAh. Selain itu penggunakan Chipset A6 juga berpengaruh dalam konsumsi daya yang dibutuhkan iPhone 5 saat menjalankan segala aktivitasnya, karena Chipset A6 dipercaya hemat energi dalam penggunaan.

KESIMPULAN
Harga: Rp. 12.500.000 (64GB) per November 2012
iPhone 5 hadir dengan segala perbaikan dari segala sektor yang ada pada iPhone lama, mulai dari desain, multimedia, kinerja serta layar widescreen yang nyaman. Dari sisi kinerja, peningkatan Chipset begitu terasa saat digunakan dalam aktifitas yang lebih berat, karena gangguan 'lag' berkurang secara signifikan. Sayangnya penggunaan nano SIM yang ada pada iPhone 5 kurang diminati oleh banyak pengguna di Indonesia, hal ini dikarenakan nano SIM belum dijual secara bebas seperti SIM card yang beredar saat ini.
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...