Review Nokia Lumia 920 - Windows Phone 8 Berbodi Kokoh

Diposkan oleh: di 00:30 | 1 Komentar

DESAIN
Dimensi: 130,3 x 70,8 x 10,7 mm; Berat: 185 gram; Material: Polikarbon
Nokia Lumia 920 memiliki desain yang bisa menjadikannya kokoh dan kuat. Bentuk khas dari Lumia terlihat jelas pada perangkat baru Nokia ini, seperti menggunakan permukaan kaca yang cenderung tidak rata dan plastik polikarbon diseluruh bagian bodi yang lain.

Lumia 920 memiliki bentuk yang lebih besar dan paling berat diantara seri Lumia lainnya. Hal ini dikarenakan layar yang digunakan oleh smartphone ini yang paling besar diantara Lumia lainnya. Dimensi yang ada pada smartphone ini yaitu 130,3 x 70,8 x 10,7mm dengan  berat yang lumayan untuk tangan orang Indonesia yaitu 185 gram.

Pada bagian kiri dari telepon ini terlihat polos tanpa adanya port atau tombol apapun, sedangkan pada bagian kanan terdapat tombol volume, tombol power dan tombol shutter kamera. Untuk bagian bawah hanya terdapat sebuah slot microUSB dan lubang loudspeaker sedangkan bagian atas telepon terdepat lubang jack audio 3.5mm yang berada ditengah dan slot Micro SIM disebelah kirinya. Untuk bagian belakang bodinya terdapat merek Nokia / Carl Zeis bersamaan dengan flash dual-LED. Tampilan depan terdapat kamera, lubang microphone dan merek Nokia dibagian atas sedangkan bagian bawah ada tiga buah tombol kapasitif yang menjadi ciri khas perangkat Windows Phone.

LAYAR
Display: IPS LCD kapasitif touchscreen, 16 juta warna; Resolusi 768 x 1280 piksel, 4.5inchi (332ppi); Multitouch; Corning Gorilla Glass 2; PureMotion HD+
Tampilan yang disuguhkan oleh layar Lumia 920 sangat menarik dengan tampilan yang memukau. Menggunakan layar IPS LCD sebesar 4.5 inchi dengan Pure Motion HD+, ClearBlack, Sunlight Readability Enhancement dan Corning Gorilla Glass 2.0. Warna-warna yang ditampilkan oleh layar Lumia 920 terlihat tajam dan warna hitam yang pekat sehingga mampu menyajikan animasi dan tampilan video yang bagus.

Peningkatan Sunlight seperti yang diiklankan terbukti dapat mengurangi silau dari penggunaan diluar ruangan. Layar menyesuaikan dengan keadaan luar untuk menyajikan konten yang dapat dibaca walaupun dibawah sinar matahari langsung sekalipun. Kaca yang melengkung dapat mengurangi dampak akibat tergores atau jatuh.

OS dan INTERFACE
OS Windows Phone 8; Modern UI
Lumia 920 mengggunakan sistem operasi terbaru dari Microsoft yaitu Windows Phone 8 dengan memberikan pengalaman baru bagi pengguna ponsel Windows.  User Interface (UI) Modern yang sebelumnya dikenal sebagai Metro merupakan antarmuka yang fleksibel dan sederhana daripada Android dan iOS. Sangat mudah untuk memahami UI dan bergantung pada Live Tile sebagai konsep fitur utamanya.

Nokia juga menyematkan beberapa aplikasi populer yang menjadikannya berbeda dibandingkan OS lainnya yaitu seperti Nokia Drive, Nokia Maps, Nokia Music, Nokia Care dan Nokia City Lens. Dua layanan yang menarik dari smartphone ini yaitu Nokia Maps yang merupakan perbaikan besar dari Bing Maps dan Nokia Music yang menawarkan musik gratis unlimited selama setahun.

KAMERA
Kamera: 8MP (3264 x 2448 piksel), Carl Zeiss Optic, Image stabilization, autofocus, PureView teknologi, geo-tagging, touch focus, dual-LED Flash, Video 1080p@30fps, video stabilization; Kamera sekunder: 1.3MP, Video 720p@30fps
Nokia Lumia 920 menawarkan pengguna untuk menikmati teknologi PureView yang sebelumnya pernah digunakan pada Nokia 808. Walaupun tidak menggunakan lensa 41MP seperti pada Nokia 808, namun kamera Lumia 920 mampu menghasilkan gambar yang tidak mengecewakan. Kamera ini mampu memberikan hasil yang maksimal walaupun dalam kondisi yang minim cahaya sekalipun.

Untuk pengambilan video, lensa kamera Lumia 920 mampu menyerap guncangan sehingga video yang dihasilkan terlihat mengagumkan walaupun anda seorang pengguna amatir sekalipun. Windows Phone 8 juga memperkenalkan konsep lensa kamera yang memungkinkan anda untuk melihat dan mengklik dalam cahaya yang berbeda. Nokia Lumia 920 juga dilengkapi dengan Bing Vision, Panorama, Cinemagraph dan Smart Shot lensa untuk berbagai suasana hati saat pengambilan.

MULTIMEDIA
Audio: MP3, WAV, eAAC+, WMA; Video: MP4, H.264, H.263, WMV, AVI; Video/photo editor; Dolby Headphone
Microsoft dan Nokia memberikan pengguna Lumia 920 untuk bisa menikmati pengalaman memainkan musik yang berkualitas. Nokia Music menawarkan pemutar musik dan radio streaming yang diatur sesuai dengan kategori populer, genre atau artis. Pemutar musik menawarkan kontrol dasar seperti Shuffle, Skip dan Repeat. Namun sayangnya tidak ada fitur equalizer mewah atau kemampuan untuk membuat playlist. Untuk hasil output yang lebih baik, anda dapat mengaktifkan pengaturan Dolby Headphone yang merupakan saingan Audio Beat seperti yang ada pada ponsel HTC.

Lumia 920 juga mampu memutar video dengan kualitas yang tinggi melalui layar HD 4.5 inchi. Gambar yang ditampilkan terlihat natural dan tajam dalam berbagai format file video seperti AVI, MP4 dan MWV.

KONEKTIVITAS 
HSDPA 42.2Mbps / HSUPA 5.76Mbps; LTE; Wi-Fi 802.11 b/g/n, dual-band, DLNA, Wi-Fi Hotspot; Bluetooth v3.1 with A2DP, EDR; NFC; Micro USB 2.0; GPS with A-GPS & GLONASS; Xbox Live integration
Nokia Lumia 920 memiliki konektivitas yang lengkap untuk bisa terhubung dengan perangkat lain. Dalam perangkat ini tersedia pilihan koneksi melalui Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, NFC, Bluetooth v3.1 dan mendukung jaringan operator 4G. Dual-channel Wi-Fi juga memungkinkan anda untuk mendapatkan koneksi yang lebih cepat. DLNA Streaming juga didukung pada Lumia 920 dan dapat dengan mudah melakukan streaming dari handset ke konsol Xbox 360 menggunakan aplikasi Smart Glass.

HARDWARE dan KINERJA
CPU: prosesor 1.5GHz Krait; Chipset Qualcomm MSM8960 Snapdragon; GPU Adreno 225; Sensor: Accelerometer, gyro, proximity, compass; Baterai: 2000mAh (BP-4GW);
Windows Phone 8 memberikan jalan untuk prosesor multi-core yang akan digunakan pada perangkat mobile terbaru berbasis Windows, tidak seperti pada versi sebelumnya yang hanya mendukung prosesor single core. Nokia memanfaatkan peningkatan kemampuan tersebut dengan membekali Lumia 920 dengan prosesor dual-core 1.5GHz dengan Chipset Qualcomm Snapdragon Krait dan memori RAM 1GB.

Walaupun dari segi dapur pacu Lumia 920 tidak terlihat garang, namun secara keseluruhan kinerja dari smartphone ini mampu berjalan dengan baik. Ketika digunakan untuk browsing atau menjalankan sistem terlihat memiliki kecepatan yang wajar, namun saat digunakan membuka aplikasi ada sedikit loading yang mengganjal. Baterai yang ada pada Lumia 920 juga tahan lama saat digunakan walaupun dalam penggunaan yang berat.

KESIMPULAN
Harga: Rp. 6.500.000 (per Februari 2013)
Lumia 920 merupakan smartphone Windows Phone 8 yang membawa banyak perbaikan dari versi sebelumnya. Memiliki desain yang kokoh dan fitur kamera yang bagus menjadi daya pikat bagi konsumen yang sering melakukan petualangan diluar ruangan. Apalagi baterai yang ada pada Lumia 920 terbukti tahan lama saat digunakan. Sayangnya dukungan aplikasi yang ada di kawasan Indonesia masih terbatas, selain itu kapasitas memori yang terbatas juga menjadi penghalang jika anda suka mengoleksi video berkualitas tinggi.
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

1 komentar:

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

1 komentar:

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...