Adu: Nokia Lumia 520 versus Smartfren Ascend W1 - Windows Phone 8 harga terjangkau

Diposkan oleh: di 02:05 | 2 Komentar
Meskipun popularitas Windows Phone 8 tidak sepopuler Android, namun kehadiran smartphone berbasis Windows Phone 8 dengan harga terjangkau banyak ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Sama-sama menyasar segmen kalangan menengah kebawah, Nokia Lumia 520 dan Smartfren Ascend W1 siap bersaing untuk merebut hati para konsumen dengan fitur-fitur yang dibawanya. Nokia dengan nama besarnya menjadi salah satu daya pikat tersendiri bagi konsumen untuk perangkat-perangkat besutannya, begitu juga dengan Smartfren yang memberikan bonus data internet sebagai daya tarik tersendiri bagi konsumen ditanah air. Lantas apa saja yang menjadi kelebihan atau kekurangan dari kedua perangkat tersebut, berikut perbandingan dari kami.

DESAIN
Jika dilihat dari desain yang dibawanya, Lumia 520 dan Ascend W1 sama-sama memiliki desain yang trendi layaknya smartphone WP8 pada umumnya. Konsep ini sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi smartphone Windows Phone 8 untuk bersaing dengan sistem operasi lain seperti Android, IOS dan BlackBerry.

NOKIA LUMIA 520
Memiliki warna-warna yang mencolok dan trendi merupakan ciri khas dari smartphone Windows Phone 8, begitu juga dengan desain Lumia 520. Tampil mungil dengan lebih kotak dan sudut-sudut argonomis membuat tampilan Lumia 520 terlihat sangat nyaman dalam genggaman. Anda juga bisa mengganti bodi belakang Lumia 520 dengan menekan bodi bagian depan kedalam dan menarik bodi belakang kearah berlawanan.

SMARTFREN ASCEND W1
Sama seperti Lumia 520, Ascend W1 juga memiliki konsep bodi yang trendi dan warna yang mencolok. Dimensi bodi Ascend W1 lebih panjang dan besar dibandingkan Lumia 520 yaitu 124.5 x 63.5 x 10.15 mm. Pada bagian depan didominasi dengan layar sentuh yang memiliki area menipis seperti pada Xperia Go. Untuk mengganti bodi belakang, Ascend W1 lebih mudah dan simpel dibandingkan Lumia 520, anda cukup mencongkel cover belakang dengan kuku jari.

LAYAR
Nokia Lumia 520 dan Smartfren Ascend W1 sama-sama memiliki teknologi layar yang sama yaitu berjenis IPS LCD dengan lebar 4 inci dan resolusi 480x800 piksel. Layar juga sudah mendukung kemampuan  multitouch dan dukungan Scratch-resistant glass sehingga layar tahan terhadap goresan benda tajam atau keras. Untuk tampilan antarmuka dari kedua handset ini juga sama layaknya smartphone WP 8 pada umumnya.

DUKUNGAN SOFTWARE
NOKIA LUMIA 520
Selain disertai fasilitas bawaan dari Windows Phone 8, Lumia 520 juga didukung dengan aplikasi khas Nokia. Pengguna bisa mendownloadnya langsung melalui Nokia Store untuk menambah koleksi dan memaksimalkan fitur-fitur yang ada pada Lumia 520 seperti Panorama, Photo Studio, Smart Shoot, Cinemagraph, Here Drive, Here Maps dan masih banyak lainnya.

SMARTFREN ASCEND W1
Tidak seperti Lumia 520 yang didukung dengan aplikasi khusus buatan vendor, Ascend W1 hanya bisa mengandalkan aplikasi dan game yang disediakan oleh store WP8. Meskipun begitu pengguna tetap bisa memaksimalkan fitur-fitur yang ada pada Ascend W1 seperti Maps, Office dan sebagainya.

FITUR SIM CARD
Meskipun kedua perangkat ini sama-sama memiliki satu buah slot SIM Card, namun Ascend W1 sudah mendukung teknologi Dual Mode CDMA dan GSM yang sekaligus menjadi perangkat WP8 pertama yang mendukung teknologi ini. Pengguna dapat bergonta-ganti SIM card dari CDMA yang menjadi akses utamanya dengan SIM card GSM, namun karena hanya tersedia satu slot SIM card hal ini menjadi sedikit lebih ribet. Selain itu dalam paket penjualannya juga diberikan bonus gratis 30 hari paket Smart Plan senilai 50rb dengan kuota 1.5GB. Berbeda dengan Ascend W1, pada Lumia 520 hanya mendukung jaringan GSM dengan menggunakan Micro SIM card.

KAMERA

Pada sektor kamera, Lumia 520 maupun Ascend W1 sama-sama menggunakan kamera berkekuatan 5-megapiksel. Bedanya, fitur kamera yang ada pada Lumia 520 seperti Lenses tidak akan anda jumpai di Ascend W1. Dengan fitur tersebut anda bisa menambahkan aplikasi bawaan Nokia seperti Smart Shoot yang bisa anda gunakan untuk mengambil lima buah foto sekaligus dalam satu kali jepretan dan selanjutnya anda bisa memilih satu dari lima foto terbaik untuk anda simpan.

Meskipun dukungan fitur dan pengaturan standart kamera kedua smartphone ini sama, namun Ascend W1 dibekali dengan fasilitas lain yang tidak tersedia pada Lumia 520 seperti touch focus dan face detection. Selain itu kamera pada Ascend W1 juga didampingi oleh LED flash untuk kondisi minim cahaya sedangkan kamera Lumia 520 tidak dibekali dengan LED flash. Bedanya lagi, Ascend W1 juga sudah ditambahkan kamera depan dengan resolusi VGA yang bisa digunakan untuk video call/chat dengan aplikasi khusus.

Kamera utama pada kedua smartphone ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas HD 720p. Hasil foto dan video dari kamera juga sama jika digunakan untuk mengabadikan objek di luar ruangan dengan pencahayaan yang cukup, sedangkan untuk ruangan minim cahaya, kualitas kamera Ascend W1 lebih baik berkat adanya lampu kilat yang menambah suplai cahaya.

KONEKTIVITAS
Untuk koneksi dan akses internet, Lumia 520 sudah didukung dengan jaringan HSDPA/HSUPA dengan kecepatan download hingga 21.1Mbps dan upload 5.76Mbps, sedangkan untuk Ascend W1 berada di jalur CDMA 2000 1x EVDO Rev.B dengan kecepatan akses data hingga 3.1Mbps. Selain itu anda juga bisa menggunakan koneksi lain melalui Wi-Fi dan Bluetooth.

HARDWARE
Jika dilihat dari segi hardware yang dibawa oleh kedua smartphone ini, Ascend W1 memiliki kemampuan hardware yang lebih powerfull dibandingkan Lumia 520.

NOKIA LUMIA 520
Meskipun hardware yang ditawarkan oleh Lumia 520 dibawah Ascend W1, secara keseluruhan kinerja dari smartphone ini cukup tangguh. Berbekal chipset Qualcomm MSM8227 dengan prosesor dual core 1GHz mampu menjalankan aplikasi dan semua fitur yang ada di dalam WP8 dengan maksimal, bahkan bisa melampaui beberapa smartphone WP8 diatasnya.

Untuk mendukung kinerja keseluruhan, Lumia 520 dibekali dengan baterai lithium ion berkapasitas 1450mAh yang mampu memberikan waktu standby hingga 3 hari. Namun jika digunakan secara aktif untuk fitur dan aplikasi, baterai mampu menemani aktivitas anda hingga seharian penuh.

SMARTFREN ASCEND W1
Dilepas dengan bandrol harga dikisaran Lumia 520, spesifikasi hardware yang ada pada Ascend W1 ini jauh diatasnya atau bisa dikatakan lebih mendekati kemampuan Lumia 820. Hal ini lebih terlihat ketika diuji pada aplikasi benchmark yang biasa digunakan untuk menguji performa sebuah Windows Phone. Saat menggunakan antutu benchmark, Ascend W1 memperoleh skor nilai 9512 sedangkan Lumia 520 hanya memperoleh skor 7271. Skor nilai yang diperoleh Ascend W1 malah mendekati skor Lumia 820 yang mencatatkan nilai sebesar 11469. Sedangkan untuk pengujian menggunakan WP-Bench, Ascend W1 memperoleh skor 202.15.

KESIMPULAN
Meskipun sama-sama menyasar kalangan menengah kebawah dengan harga kurang dari Rp. 2 jutaan, Ascend W1 berhasil melibas Lumia 520 dari segi hardware yang dibawanya. Selain itu dari segi kamera juga terlihat lebih unggul meskipun beberapa fitur yang ada pada Lumia 520 tidak terdapat pada Ascend W1. Namun, untuk dukungan software yang dibawanya, Lumia 520 lebih kaya akan dukungan yang disediakan oleh Nokia selaku vendor pembuatnya dibandingkan Huawei.


SPESIFIKASI NOKIA LUMIA 520 dan SMARTFREN ASCEND W1
Nokia Lumia 520 Smartfren Ascend W1
DESAIN
Tipe Smartphone Smartphone
OS Windows Phone 8 Windows Phone 8
Dimensi 119,9x64x9,9mm 124,5x63,5x10,15mm
Berat 124 gram 130 gram
Warna Kuning, Biru, Merah, Putih, Hitam Biru, Putih
DISPLAY
Ukuran 4 inci 4 inci
Resolusi 800x480 480x800
Kedalaman 233ppi 233ppi
Teknologi IPS LCD IPS LCD
Warna 16M 16M
Multitouch ya ya
Fitur Scratch-resistant glass Scratch-resistant glass
KAMERA
Utama 5MP 5MP
Flash tidak ada ya
Video HD 720p HD 720p
Fitur Lenses, autofocus, Geo-tagging, autofocus, touch focus, Geo-tagging, face detection
Sekunder tidak ada ya, VGA
KONEKTIVITAS
Jaringan GSM (HSDPA/HSUPA) Dual Mode: CDMA(EVDO Rev.B) + GSM(2G)
Position GPS, A-GPS, GLONASS -
Bluetooth v3.0 with A2DP v2.1 with A2DP
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual band, Hotspot 802.11 a/b/g/n, Hotspot
USB Micro USB Micro USB
Browser IE10 IE10
Other - -
MULTIMEDIA
Music Player ya ya
Video Player ya ya
Fitur - -
HARDWARE
Chipset Qualcomm Snapdragon S4 Qualcomm Snapdragon S4
Prosesor Dual core 1GHz Dual core 1.2GHz
GPU Adreno 305 Adreno 305
RAM 512MB 512MB
Storage 8GB 4GB
Memori Eksternal up to 64GB up to 32GB
BATERAI
Kapasitas 1450mAh 1950mAh
Tipe Lithium Ion Lithium Ion
Talk Time 9,6 jam -
Standby 3 hari 4 hari
Removable ya ya
BENCHMARK
Antutu 7271 9512
WP-Bench 177,13 202,15
KESIMPULAN
Harga Rp. 1.800.000 Rp. 1.999.000
Kelebihan Memori internal besar Performa lebih bagus
Dukungan aplikasi lebih banyak Ada Kamera depan
Bluetooth v3.0 Ada LED flash
Desain lebih mungil Kapasitas baterai besar
Harga lebih murah kemampuan Dual Mode SIM Card
Mendukung Koneksi HSDPA CDMA EVDO Rev.B
Kekurangan Performa jauh dibawahnya Koneksi GSM masih 2G
Tidak ada LED Flash Memori internal lebih kecil
Tidak ada Kamera depan dukungan aplikasi minim
kapasitas baterai lebih kecil
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

2 komentar:

  1. mending smartfren w1 lbh oke

    BalasHapus
  2. dari dulu tertarik untuk mencoba windows phone

    BalasHapus

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

2 komentar:

  1. mending smartfren w1 lbh oke

    BalasHapus
  2. dari dulu tertarik untuk mencoba windows phone

    BalasHapus

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...