Review: BlackBerry Q5 - Harga Terjangkau dengan Fitur Mewah Meski Terlihat Murahan

Diposkan oleh: di 22:05 | 0 Komentar
Menanggapi harga BlackBerry Z10 dan Q10 yang tinggi, akhirnya BlackBerry resmi meluncurkan perangkat BB10 dengan harga yang lebih terjangkau, BlackBerry Q5. Bahkan harga yang dibandrol untuk BlackBerry Q5 hampir setengahnya dari harga BlackBerry Q10 yang sekaligus menjadikannya sebagai perangkat BlackBerry 10 termurah saat ini. Lantas dengan harga yang jauh dibawah kedua BlackBerry 10 lainnya, apa saja yang masih bisa pengguna dapatkan dari BlackBerry Q5? Berikut review dari kami.

DESAIN dan LAYAR
Seperti saudaranya Q10, BlackBerry Q5 juga dilengkapi dengan layar sentuh dan tombol QWERTY yang sudah menjadi ciri khas ponsel buatan perusahaan asal Kanada tersebut. Namun jika anda sudah terbiasa dengan smartphone berlayar lebar, mungkin anda akan merasa kurang nyaman saat menggunakan BlackBerry Q5, pasalnya layar yang ada pada perangkat ini hanya sebesar 3,1 inci.

Walaupun hanya menggunakan layar berukuran 3,1 inci, resolusi yang dihasilkan oleh layar Q5 cukup tinggi yaitu sebesar 720x720 piksel. Meskipun begitu layar yang kecil kurang memberikan pengalaman pengguna yang baik saat digunakan browsing internet, bermain game atau melihat koleksi video dan foto. Sungguh disayangkan, seandainya saja layar yang dibekalkan pada BlackBerry Q5 lebih lebar dari layar sekarang mungkin akan memberikan pengalaman menggunakan ponsel ini menjadi lebih baik lagi.

Meskipun tidak berlayar lebar, konsep desain yang dirancang untuk BlackBerry Q5 cukup rapi dan nyaman saat digenggam. Namun bahan material yang dibangun untuk perangkat ini masih dari bahan plastik yang berwarna polos dengan tiga pilihan warna yaitu hitam, merah dan putih. Bahkan desain yang ada pada BlackBerry Q5 tidak mengisyaratkan bahwa ini merupakan smartphone premium melihat harga yang dibandrol cukup mahal.

Berbeda dengan perangkat BlackBerry pada umumnya, baterai yang ada pada Q5 tidak dapat dilepas dan menancap didalam bodi ponsel ini. Kartu slot memori card dan SIM card berada dibagian samping yang bisa dilihat saat penutup flip dibuka.

Meskipun susunan keyboard QWERTY hampir mirip dengan yang ada pada BlackBerry lama, keyboard pada BlackBerry Q5 jelas memiliki tata letak dan konsep desain yang lebih bagus meskipun tidak sebagus BlackBerry Q10. Tombol pengatur volume yang berada disebelah kanan juga berfungsi sebagai tombol shutter kamera.

OS dan ANTARMUKA
BlackBerry Q5 dijalankan oleh sistem operasi terbaru BlackBerry 10 yang sama dengan kedua perangkat yang sebelumnya. Sistem operasi BB10 memiliki navigasi gestur yang tajam, namun dengan layar yang kecil pada Q5 cukup memberikan permasalahan kenyamanan saat digunakan. Selain itu fitur lain juga ikut absen seperti tampilan prediksi cerdas pada keyboard juga terhambat oleh fisik dari BlackBerry Q5.

Secara keseluruhan antarmuka yang disuguhkan oleh Q5 sama dengan Q10 dengan tampilan ikon grid berukuran lebih persegi panjang dengan ukuran 4x3, berbeda dengan Z10 yang berukuran 4x4. Hal ini karena layar Q5 dan Q10 memiliki aspek ratio 1:1 sedangkan untuk BlackBerry Z10 berukuran 16:9. Meskipun dibandrol dengan harga yang terpaut jauh dari Q10, untuk OS dan antarmuka bisa dibilang sama.

KAMERA
Untuk sektor kamera, anda hanya akan mendapatkan kamera belakang sebesar 5MP. Kualitas hasil jepretan kamera pada BlackBerry Q5 juga dibilang standar, begitu juga untuk mengambil video. Malahan untuk situasi didalam ruangan dengan kondisi minim cahaya juga kurang mengesankan meskipun sudah ditambahkan lampu flash untuk menyuplai cahaya.

Untuk kamera depan dibekali dengan sensor 2MP yang bisa digunakan untuk BBM Video yang merupakan salah satu fitur yang ada pada BlackBerry 10. Kamera depan juga bisa digunakan untuk aplikasi pihak ketiga seperti Skype.

Fitur kamera yang ada pada BlackBerry Q5 sungguh disayangkan melihat dari harga yang dilepas dikisaran 4 jutaan. Smartphone dari brand lain dengan harga yang sama banyak yang menawarkan kualitas yang lebih baik daripada yang ada pada Q5.

KONEKTIVITAS dan BROWSER
BlackBerry Q5 dibekali dengan fitur konektivitas yang lengkap seperti yang ada pada perangkat high-end termasuk dukungan 4G LTE, 11n Wi-Fi, Bluetooth 4 dan NFC. Browser yang ada pada perangkat ini juga sudah mendukung konten flash, desktop mode, multi-tab browsing, private browsing dan mode reader yang berfungsi hanya menampilkan konten-konten penting dalam situs seperti teks dan gambar.

HARDWARE dan PERFORMA
Didukung dengan prosesor Snapdragon S4 dual-core 1,2GHz yang sudah khas ada pada perangkat menengah siap memberikan kinerja maksimal untuk BlackBerry Q5. Apalagi ditambah dengan RAM sebesar 2GB yang lebih dari cukup untuk menjalankan BlackBerry 10 yang merupakan sistem operasi yang halus.

Untuk menyimpan file-file anda sudah disediakan memori penyimpanan internal sebesar 8GB yang bisa ditambah dengan kartu microSD hingga 32GB. Secara keseluruhan performa yang dihasilkan oleh dapur pacu pada BlackBerry Q5 bisa diandalkan untuk bekerja setiap saat tanpa menimbulkan masalah lag yang serius.

KESIMPULAN
Meskipun harga yang dibandrol untuk BlackBerry Q5 hampir setengah dari harga Q10, namun fitur-fitur yang ada pada sistem operasi BlackBerry 10 bisa kita dapatkan secara menyeluruh, selain itu papan qwerty juga terlihat baik dan nyaman. Beberapa sektor seperti hasil kamera kurang maksimal dan ukuran layar yang kecil menjadi pertimbangan untuk BlackBerry Q5 mengingat dengan harga yang sama brand lain mampu menawarkan smartphone dengan kualitas kamera yang lebih tinggi dan layar lebih besar untuk memberikan pengalaman yang lebih baik.

Kelebihan:
+ Resolusi layar tajam
+ Performa yang bagus
+ Harga lebih murah
+ OS BlackBerry 10
+ Antarmuka yang baik

Kekurangan:
- Layar kecil
- Kualitas kamera standar
- Desain monoton dan terkesan murahan
- Baterai tidak dapat dilepas

SPESIFIKASI BLACKBERRY Q5

Spesifikasi
Jaringan GSM (850/900/1800/1900)
HSDPA (850/900/1900/2100)
4G LTE (kawasan tertentu)
Dimensi 120x66x10,8mm, Qwerty
Berat 120 gram
Display IPS LCD touchscreen 3,1", 720x720 piksel, -328ppi
Kamera Utama 5MP (2592x1944 piksel), LED Flash, Autofocus, Geo-tagging, image stabilization, Video 1080p@30fps, video stabilization
Kamera Sekunder 2MP, 720p
Konektivitas HSDPA, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth 4.0 with A2DP+LE, NFC, microUSB 2.0
Chipset Qualcomm Snapdragon S4
Prosesor Dual core 1,2GHz
GPU -
OS BlackBerry 10
RAM 2GB
Memori Internal 8GB
Memori Eksternal MicroSD hingga 32GB
Sensor Accelerometer, Gyro, Compass, Proximity
Baterai Non-removable Li Ion 2180mAh
GPS Ya, A-GPS
Radio Tidak
Browser HTML5
Audio Player Ya
Video Player Ya
Warna pilihan Hitam, Putih, Merah
Harga Rp. 3.999.000 (Per Agustus 2013)
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...