Adu: Cross Andromeda A88 vs Himax Pure II - Android Quad-core harga terjangkau

Diposkan oleh: di 21:07 | 2 Komentar
Saat ini penggunaan prosesor quad-core sudah menjadi salah satu fitur yang wajib ada pada sebuah perangkat android. Sayangnya untuk mendapatkan smartphone android dengan prosesor empat inti tersebut anda harus rela merogoh kocek yang cukup dalam. Namun jika merk bukan salah satu poin penting dalam memilih sebuah smartphone, Himax Pure II dan Cross Andromeda A88 yang sama-sama mengusung prosesor quad-core namun tetap dibandrol dengan harga terjangkau bisa menjadi alternatif lain yang bisa anda pilih.

Cross Andromeda A88
Smartphone besutan Cross Mobile ini memiliki desain yang cantik dengan sisi-sisi yang melengkung dan pada bagian bawah sedikit menipis sehingga terasa nyaman untuk digunakan meskipun hanya dengan satu tangan. Untuk bagian depan anda dapat menikmati layar 4,5" beresolusi FWVGA (480 x 854 piksel) yang juga sudah mendukung teknologi multi touch hingga 5 point. Selain itu terdapat tiga tombol sentuh kapasitif dibawah layar dengan fungsi menu, home dan back, sedangkan diatas layar terdapat kamera beresolusi 1,3MP.

Beralih kebagian belakang, anda akan menemukan sebuah kamera dengan resolusi 8-megapiksel yang cukup bisa diandalkan dan lubang loudspeaker dibagian bawah. Kamera belakang Cross A88 juga sudah dilengkapi dengan LED flash untuk menambah suplai cahaya saat digunakan didalam ruangan atau saat dimalam hari. Untuk tombol power berada pada sisi kanan sedangkan tombol volume berada dibagian sisi kiri. Pada bagian atas anda akan menemukan lubang port USB dan jack audio 3,5mm.

Meski dilepas dengan harga murah, Cross Andromeda A88 ternyata dibekali dengan jeroan hardware yang tidak murahan. Membawa prosesor Qualcomm Snapdragon quad-core 1,2GHz yang dipadukan dengan RAM 512MB mampu memberikan kinerja yang stabil saat menjalankan Android 4.2 Jelly Bean yang dibawanya. Apalagi memori internal yang ada juga cukup lapang yaitu sebesar 4GB yang bisa anda perluas dengan kartu microSD hingga berkapasitas 32GB. Selain itu juga dibekali dengan baterai berkapasitas 2100mAh.

Sama seperti smartphone android lokal umumnya, Cross A88 juga sudah didukung dengan kemampuan Dual-SIM (GSM-GSM) yang mendukung jaringan 3G HSDPA yang bisa anda andalkan untuk mengakses jaringan internet dengan lebih cepat. Selain itu juga disediakan konektivitas lain seperti Wi-Fi, Bluetooth, microUSB dan GPS.

Himax Pure II
Desain yang dibawa Himax Pure II terlihat lebih elegan dengan keempat sudutnya yang melengkung dan dibalut dengan list aluminium pada seluruh sisinya sehingga membuatnya terlihat lebih kokoh. Pada bagian depan anda akan disuguhkan dengan layar seluas 4,5 inci dengan 4 tombol kapasitif dibagian bawahnya, kamera 2-megapiksel dibagian atas bersandingan dengan lubang speaker dan sensor. Sedangkan untuk bagian belakang terdapat kamera 8MP dengan LED flash, lubang speaker dan logo Himax Pure di tengah.

Pada bagian sisi kiri, anda akan menemukan tombol volume sedangkan untuk sisi sebaliknya dibiarkan polos. Untuk tombol power diposisikan berada disebelah kanan atas dan lubang jack audio 3,5mm di sebelah kiri atas, sedangkan untuk bagian bawah disisipkan lubang port charger yang sekaligus juga berfungsi sebagai koneksi data USB.

Beralih ke dapur pacu yang dibawanya, Himax Pure II disematkan prosesor quad-core 1,2GHz dengan RAM 1GB dan GPU Adreno 203. Perpaduan hardware tersebut mampu memberikan performa yang mumpuni saat mengoperasikan fitur-fitur Android 4.1 Jelly Bean yang dibawanya. Smartphone ini juga membawa baterai berkapasitas 2000mAh.

Sama seperti Cross Andromeda A88, Himax Pure II juga didukung dengan fungsi Dual SIM (GSM-GSM) dengan mendukung jaringan 3G untuk koneksi internet yang lebih cepat. Anda juga disediakan koneksi lain untuk terhubung ke internet atau ke perangkat lain melalui Wi-Fi, Bluetooth, microUSB dan GPS.

KESIMPULAN
Cross Andromeda A88 dan Himax Pure II bisa dikatakan seimbang dengan fitur-fitur yang dibawanya. Kedua smartphone ini sama-sama membawa prosesor quad-core 1,2GHz dengan GPU Adreno 203 dan layar 4,5". Namun jika dilihat dari sistem operasi android yang dibawanya, Cross A88 lebih unggul dengan versi yang lebih baru, namun sayangnya masih menggunakan RAM sebesar 512MB dibandingkan Himax Pure II yang sudah dibekali dengan 1GB RAM.
Cross Andromeda A88
+ Versi Android lebih baru
+ Kapasitas baterai lebih besar
Himax Pure II
+ RAM lebih besar
+ Kamera depan lebih besar

SPESIFIKASI
Cross Andromeda A88 Himax Pure II
DESAIN
Tipe Smartphone Smartphone
OS Android 4.2 Jelly Bean Android 4.1 Jelly Bean
Dimensi - 135 x 68 x 9,9 mm
Berat - -
Warna Hitam Hitam, Putih
DISPLAY
Ukuran 4,5" 4,5"
Resolusi 480 x 854 piksel 960 x 540 piksel
Kedalaman - 240ppi
Teknologi - IPS
Warna 16M 16M
Touchscreen Multitouch 5 point Multitouch 5 point
Fitur Hard glass, One Glass Solution (OGS)
KAMERA
Utama 8MP 8MP
Flash LED LED
Video ya ya
Fitur - -
Sekunder 1,3MP 2MP
KONEKTIVITAS
Jaringan 2G (900/1800MHz), 3G (2100MHz) 2G (900/1800MHz), 3G (2100MHz)
Dual SIM GSM-GSM GSM-GSM
Bluetooth ada ada
Wi-Fi 802.11 b/g/n 802.11 b/g/n
USB microUSB 2.0 microUSB 2.0
GPS ada ada
Other - -
HARDWARE
Chipset Qualcomm Snapdragon MSM8225Q Qualcomm Snapdragon MSM8225Q
Prosesor quad-core 1,2GHz quad-core 1,2GHz
GPU Adreno 203 Adreno 203
RAM 512MB 1GB
Memori Internal 4GB 4GB
Memori Eksternal MicroSD hingga 32GB MicroSD hingga 32GB
Baterai 2100mAh 2000mAh
HARGA 
Baru Rp. 1.500.000 (per September 2013) Rp. 1.500.000 (per September 2013)
Bekas N/A N/A
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

2 komentar:

  1. Nice Review Gan.
    Dan ane jualan Leathercase/flip cover/sarung HP buat cross A88 gan.

    Bisa lihat di Blog Ane:
    Jual Leathercase / Flip Cover Cross A88

    BalasHapus
  2. dua2nya baru denger tipenya sih, apalagi yang himax. tapi kayaknya oke juga buat hp sampingan yaa

    BalasHapus

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

2 komentar:

  1. Nice Review Gan.
    Dan ane jualan Leathercase/flip cover/sarung HP buat cross A88 gan.

    Bisa lihat di Blog Ane:
    Jual Leathercase / Flip Cover Cross A88

    BalasHapus
  2. dua2nya baru denger tipenya sih, apalagi yang himax. tapi kayaknya oke juga buat hp sampingan yaa

    BalasHapus

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...