Tips Memilih Game dan Aplikasi Yang Cocok Untuk Buah Hati

Diposkan oleh: di 23:20 | 1 Komentar
Memilih game dan aplikasi untuk anak-anak haruslah cermat, karena itu sangat penting untuk cara berfikir anak di kemudian hari. Tak jarang game dan aplikasi dibuat bukan untuk anak-anak namun dikemas dalam konsep yang aman untuk semua umur. Oleh karena itu besar kemungkinan bahwa anak anda mendapatkan game dan aplikasi yang tidak sesuai untuk umur mereka.


Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, sebagai orang tua hendaknya bisa memperhatikan beberapa tips penting dalam memilih game dan aplikasi yang cocok untuk anak-anaknya.
1. Jangan tertipu oleh judul
Untuk memilih game dan aplikasi jangan langsung percaya dengan judul dari konten tersebut. Sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah game dan aplikasi tersebut memang diperuntukkan untuk anak-anak. Misalnya game yang berjudul "olahraga tinju", sekilas memang tampak bahwa judul tersebut mengisyaratkan dengan olahraga, tetapi jika didalam game tersebut terdapat gaya kekerasan yang berlebihan sebaiknya dihindari.

2. Pilih game atau aplikasi yang offline
Banyak game dan aplikasi dalam menjalankannya harus memiliki koneksi internet alias online. Usahakan untuk memilih game atau aplikasi yang dalam menjalankannya secara offline. Bila anda memilih game atau aplikasi yang online, banyak kemungkinan bahwa anak anda akan banyak berinteraksi dengan orang luar sehingga si anak akan mendapatkan informasi yang mungkin tidak sesuai dengan usianya dan anda akan lebih sulit mengontrol siapa saja yang berhubungan dengan anak anda.

3. Pilih game atau aplikasi yang terdapat unsur pendidikannya
Masa anak-anak adalah masa yang sangat membutuhkan banyak informasi dan pengalaman. Informasi yang baik akan memberikan dampak yang baik begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu usahakan untuk memilih aplikasi yang terdapat unsur mendidik untuk anak anda sehingga di saat dia bermain game atau menjalankan aplikasi, si anak juga menambah informasi yang berguna buat perkembangannya.

4. Jangan menghabiskan banyak uang
Game dan aplikasi ada yang bisa digunakan secara gratis dan ada pula yang harus membelinya terlebih dahulu. Usahakan untuk menggunakan game dan aplikasi yang gratisan dan apabila memang tidak ada yang cocok atau disukai oleh anak anda, sebaiknya sarankan untuk memilih aplikasi berbayar yang memang sangat penting dan berguna untuk si anak.

5. Pilih game dan aplikasi yang interaktif dan kreatif
Selain unsur pendidikan, sebaiknya sebagai orang tua harus pintar memandu si anak untuk memilih aplikasi maupun game yang mendukung sisi interaktif dan kreatifitas anak. Misalnya anda bisa memilih game tebak-tebakan seperti Puzzle atau menggambar dan masih banyak lainnya.
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

1 komentar:

  1. Masa anak2 sangat brpengaruh untk perkmbngan nantinya...

    BalasHapus

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

1 komentar:

  1. Masa anak2 sangat brpengaruh untk perkmbngan nantinya...

    BalasHapus

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...