Review Samsung Galaxy SIII Mini I8190 - Lebih Terjangkau Namun Fitur Berkurang

Diposkan oleh: di 20:55 | 0 Komentar
DESAIN
Dimensi: 121,6 x 63 x 9,9mm; Berat: 115 gram; material bahan: plastik
Jika dilihat dari desainnya, Samsung Galaxy SIII Mini (SGS 3 Mini) benar-benar seperti versi original Samsung Galaxy SIII yang diperkecil. Perubahan yang terlihat hanyalah pada port audio 3.5mm, lampu flash dan loudspeaker yang sedikit bergeser tempatnya.

Namun walaupun memiliki bentuk desain yang menyerupai, perbedaan kedua perangkat tersebut sangat terlihat dari bentuk samping. Samsung memberikan berat yang merata di seluruh bagian casing Galaxy SIII original sehingga menciptakan nuansa ringan walaupun memiliki dimensi besar. Sedangkan pada Galaxy SIII Mini justru sebaliknya, perangkat ini justru lebih kecil tetapi terlihat begitu berat dan padat dalam genggaman.

LAYAR
Display: Super AMOLED kapasitif; 16 juta warna; resolusi: 480 x 800 piksel, 4.0 inchi (233ppi); Multitouch
Salah satu bagian terpenting pada sebuah smartphone adalah pada bagian layar yang digunakan. Selain memiliki dimensi yang lebih kecil serta penggunaan layar yang juga lebih kecil, resolusi yang ada pada SGS 3 Mini juga mengalami penurunan hingga 40%. Hal ini berdampak pada ketajaman layar yang disuguhkan oleh versi mini dari SGS 3 tersebut. Kerapatan piksel yang ada pada SGS 3 Mini hanyalah sebesar 233ppi sedangkan pada versi Original SGS 3 kerapatan piksel mencapai 306ppi.

Pada SGS 3 Mini juga tidak dibekali Ambience light sensor yang berguna untuk mendeteksi cahaya disekitar ponsel sehingga membantu menentukan tingkat kecerahan yang cocok untuk pengguna. Namun layar yang digunakan pada SGS 3 Mini secara keseluruhan cukup baik walaupun saat digunakan dibawah sinar matahari secara langsung.

OS dan UI
Android 4.1 Jelly Bean; TouchWiz UI; Nature UX
Salah satu pningkatan yang ada pada SGS 3 Mini adalah penggunaan Sistem Operasi yang lebih baru dibandingkan yang digunakan versi original SGS 3. Pada versi Mini sudah dibekali Android 4.1 Jelly Bean, berbeda pada versi original SGS 3 yang hanya menggunakan Android 4.0 ICS. Sedangkan untuk tampilan interfacenya SGS 3 Mini menggunakan TouchWiz UI terbaru yang sebagian besar terdiri dari pintasan alternatif dan widget unik Samsung seperti S-Planer, S-Voice dan App Store.

Pada bagian lockscreen jiga terlihat berbeda yang pada versi sebelumnya menggunakan 5 buah shortcut, tetapi kini hanya tersedia 3 buah shortcut yang juga tanpa dibekali efek animasi permukaan air saat pengguna menyentuh lockscreen di layar seperti yang ada pada SGS 3 original.

KONEKTIVITAS
HSDPA 14,4Mbps, HSUPA 5,76Mbps; Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot; Bluetooth 4.0 with A2DP, LE, EDR; Micro USB 2.0; S Beam
Untuk urasan konektifitas, SGS 3 Mini memiliki segudang pilihan koneksi yang bisa digunakan seperti pada smartphone kelas menengah. Anda akan menemukan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot, Bluetooth 4.0 dan micro USB 2.0. Perangkat ini juga hanya mendukung jaringan 3G, serta tidak dibekali fitur NFC, USB-On-The-Go dan MHL (Mobile High-Definition Link) seperti pada versi original SGS 3.

KAMERA
Utama: 5MP (2592 x 1944 piksel), autofocus, Geo-tagging, touch-focus, face detection, LED flash, Video 720p@30fps; Sekunder: VGA
Jika dibandingkan versi original SGS 3, kamera pada SGS 3 Mini cukup mengalami penurunan yang signifikan, seperti halnya kamera belakang menjadi 5MP yang semula 8MP, kamera depan VGA dari 1,9MP serta kemampuan merekam video yang hanya sebatas 720p. Untuk ruang minim cahaya sudah dibekali adanya LED Flash sebagai pengganti suplai cahaya.

SGS 3 Mini juga dibekali fitur kamera yang menarik seperti touch focus, smile shot, continuous shot, panorama mode dan mampu mengambil gambar dan merekam video dalam waktu bersamaan. Sayangnya pada versi mini SGS 3 tidak disertai fitur HDR yang ada pada SGS 3 original.

MULTIMEDIA dan STORAGE
Pop Up Play; Sound Alive; Audio: MP3, WAV, eAAC+, AC3, FLAC; Video: MP4, XviD, DivX, H.263, H.264; Storage: internal (8GB dan 16GB), eksternal: microSD hingga 32GB
SGS 3 Mini juga memiliki pemutar musik yang bagus dengan memiliki pengaturan Sound Alive untuk memilih preset yang digunakan sebagai pilihan untuk suara yang dikeluarkan melalui speakernya. Selain itu pada pemutar video juga sudah dibekali fitur pop up play seperti yang ada pada SGS 3. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk memutar video dalam jendela kecil ketika sedang menggunakan ponsel untuk membuka pesan atau fungsi lainnya.

Untuk format video dan audio yang didukung oleh pemutar multimedia SGS 3 Mini cukup banyak dan hampir mencakup keseluruhan, seperti MP3, WAV, eAAC+, AC3 dan FLAC untuk audio dan MP4, DivX, XviD, WMV, H.264, H.263 untuk video. Semua koleksi anda bisa disimpan pada memori internal SGS 3 Mini yang pada paket penjualannya tersedia dalam versi 8GB dan 16GB. Selain itu juga terdapat tambahan slot memori eksternal untuk tambahan jika anda merasa kurang dengan kapasitas memori internal.


HARDWARE dan KINERJA
CPU: Prosesor dual-core 1GHz Cortex-A9, Chipset NovaThor U8420; GPU: Mali-400; RAM: 1GB; Baterai: 1500mAh
Meskipun memiliki desain yang mirip dengan SGS 3, namun pada bagian dapur pacu yang digunakan perangkat ini hanya terdapat prosesor dengan clock 1GHz serta tambahan RAM sebesar 1GB. Selain itu untuk memberikan tampilan grafis yang lebih baik, SGS 3 Mini dibekali GPU Mali-400.

Walaupun penggunaan prosesor tidak segarang SGS 3 original, namun kinerja yang dihasilkan oleh dapur pacu dari SGS 3 Mini bisa dikatakan bagus dan baik tanpa menghasilkan lag yang menggangu. Selain itu kapasitas baterai penyuplai daya pada perangkat ini cukup besar yaitu 1500mAh.

KESIMPULAN
Harga: Rp. 3.500.000 (per Januari 2013)
Samsung Galaxy SIII Mini merupakan smartphone kelas menengah yang merupakan versi kecil dari Galaxy SIII dengan bandrol harga yang hanya setengah dari perangkat andalan Samsung tersebut. Dengan harga yang turun hingga setengahnya berdampak pada penurunan hardware yang digunakan. Walaupun begitu, kinerja dari smartphone ini bisa diandalkan untuk menemati aktivitas mobile anda.
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...