Adu: IMO Orion Z7 vs Acer Iconia B1-A71 vs ASUS MemoPad ME 172V - Tablet Android Sejutaan

Diposkan oleh: di 19:23 | 0 Komentar
Saat ini penggunaan tablet sudah menjadi tren baru di kalangan konsumen Indonesia. Salah satu faktor yang menjadi pemikat para pengguna untuk menggunakan tablet dalam kehidupan mobilenya dikarenakan rata-rata layar yang digunakan lebih lapang sehingga membuat para penggunanya lebih nyaman. Apalagi sekarang ini sudah banyak tablet-tablet baru khususnya yang menggunakan sistem operasi Android datang dengan harga yang lebih terjangkau. Peluang tersebut juga tidak disia-siakan oleh Acer dan Asus yang merupakan vendor pembuat laptop, mereka juga menghadirkan perangkat tablet dengan harga terjangkau yaitu Acer Iconia B1-A71 dan Asus MemoPad ME 172V yang dibandrol dengan harga sejutaan. Tidak mau ketinggalan dari kedua brand asal Taiwan tersebut, salah satu vendor lokal IMO Mobile juga menggarap perangkat tablet yang digadang-gadang menjadi primadona di pasaran tanah air dengan IMO Orion Z7. Lantas manakah dari ketiga tablet pintar tersebut yang pantas untuk anda bawa pulang? berikut perbandingan yang kami berikan:

IMO ORION Z7
Seperti kebanyakan tablet buatan IMO, Orion Z7 datang dengan bodi yang terbuat dari bahan plastik dengan perpaduan dua warna. Tablet lokal ini merupakan yang paling berat dari kedua pesaingnya tersebut. Pada bagian depan hanya terlihat layar sentuh sebesar 7 inchi tanpa ada tombol konvensional. Pada sisi kiri terdapat tombol daya sedangkan pada sisi kanan terdapat tombol pengatur volume.

Layar yang digunakan Orion Z7 berjenis kapasitif dengan resolusi WSVGA (1024x600). Ukuran layarnya sendiri yaitu 7 inchi sehingga memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Pada bagian bawah layar terdapat tiga buah tombol kapasitif menuju Home, Back dan task switcher. Sayangnya belum ada perlindungan proteksi layar dari ancaman goresan saat digunakan.

IMO Orion Z7 sudah mendukung kemampuan Dual On GSM-GSM dengan SIM 1 mendukung 3G sedangkan SIM 2 hanya sebatas 2G. Untuk berselancar di dunia maya, Orion Z7 sudah mendukung jaringan HSDPA melalui SIM 1. Sedangkan untuk koneksi lain tersedia melalui Wi-Fi, Bluetooth dan microUSB.

Dari segi hardware, Orion Z7 dibekali dengan dapur pacu prosesor ARMv7 Dual core 1GHz dengan RAM 512MB dan menjalankan Android 4.0 ICS. Pada sektor multimedia tersedia dua buah kamera dengan kamera utama sebesar 8MP yang berada di belakang bodinya, sedangkan untuk kamera sekunder berkualitas VGA yang ada di depan. Untuk hiburan tersedia TV analog, Radio FM dan musik/video player yang bisa anda pilih sesuai keinginan.

ACER ICONIA B1-A71
Tablet ini memiliki ukuran bodi yang hampir sama dengan iPad Mini, namun lebih tebal. Bodi keseluruhan terbuat dari bahan plastik dengan bobot 320 gram lebih ringan dibandingkan IMO Orion Z7 dan Asus MemoPad. Tablet warna hitam ini juga diselingi oleh warna biru pada bagian sisinya sehingga membuatnya terlihat cantik dan lebih khas dibandingkan tablet lain. Pada bagian atas terdapat lubang jack audio 3.5mm sedangkan bagian bawah ada port USB yang berdampingan dengan slot kartu memori. Sedangkan untuk sisi kiri terdapat tombol power dan tombol pengatur volume.

Layar yang digunakan oleh Iconia B1 bertipe TFT kapasitif dengan ukuran 7 inchi. Resolusi yang ditawarkan oleh layar ini setara dengan IMO Orion Z7 atau Asus MemoPad. Layar ini mampu menerima lima sentuhan jari sekaligus sehingga memudahkan anda untuk mengakses browser atau aplikasi lainnya.

Tidak seperti IMO Orion Z7, Acer Iconia B1-A71 tidak dibekali dengan fitur telepon sehingga pengguna hanya bisa mengakses internet menggunakan koneksi Wi-Fi. Browser yang digunakan pada tablet Iconia B1 ini mampu membuka hingga 16 tab sekaligus selain itu juga tersedia browser Chrome for Android dalam tablet ini karena sudah menggunakan Android 4.1 Jelly Bean didalamnya.

Untuk hardware yang dibawanya, Iconia B1 dibekali dengan prosesor Dual-core Mediatek 1,2GHz dengan RAM 512MB. Untuk urusan multimedia, Acer hanya menyematkan kamera 0,3MP pada tablet ini sehingga hanya menghasilkan gambar dengan kualitas VGA saja. Kamera ini juga bisa digunakan sebagai perekam video dengan hasil rekaman berupa file 3GP.

ASUS MEMOPAD ME 172V
Tablet murah Asus ini memiliki desain bodi yang hampir mirip dengan Nexus 7 berlapis doff dan bertekstur diamond pada bagian casing belakang. Tablet dengan tebal 11,2 mm dan berat 358 gram ini cukup nyaman saat dibawa beraktifitas. Pada sisi kiri terdapat lubang mic sedangkan pada sisi kanan terdapat tombol power/lock dan tombol pengatur volume. Sama seperti Acer, Asus juga menempatkan lubang jack audio 3.5mm disisi atas dan port USB dan slot kartu memori disisi bawah pada MemoPad ini.

Layar yang diadopsi oleh tablet Asus ini sama dengan tablet buatan Acer dan IMO. Menggunakan layar berjenis TFT kapasitif sebesar 7" sehingga mampu memberikan respon yang seimbang namun sayangnya saat digunakan dibawah terik matahari layar dari ketiga tablet ini sama-sama terlihat kabur.

Sama dengan Acer Iconia B1, Asus MemoPad ini juga tidak dibekali dengan fitur telepon sehingga hanya mengandalkan koneksi melalui Wi-Fi.  Namun pada MemoPad ini sudah mendukung USB On The Go sehingga bisa dipakai untuk membaca Flashdisk.

Untuk dapur pacu yang digunakan, Asus MemoPad dipercaya untuk menggunakan prosesor Single core 1GHz dengan dipadukan RAM sebesar 1GB. Performa yang dihasilkannya pun cukup mengesankan walaupun hanya menggunakan prosesor single core bukan dual core seperti pada Acer Iconia B1 atau IMO Orion Z7. Tersedia ruang penyimpanan internal 8GB/16GB plus tambahan memori eksternal dari microSD.


SPESIFIKASI IMO Orion Z7, Acer Iconia B1-A71, ASUS MemoPad ME 172V
IMO Orion Z7 Acer Iconia B1-A71 Asus MemoPad ME 172V
DESAIN
Tipe Tablet Tablet Tablet
OS Android 4.0 ICS Android 4.1 Jelly Bean Android 4.1 Jelly Bean
Dimensi 198 x 124 x 11 mm 197.5 x 128.5 x 11.3 mm 196.2 x 119.2 x 11.2 mm
Berat 399 gram 320 gram 358 gram
Warna Hitam, Putih Hitam Hitam
DISPLAY
Ukuran 7.0 inchi 7.0 inchi 7.0 inchi
Resolusi 1024 x 600 piksel 1024 x 600 piksel 1024 x 600 piksel
Kedalaman 160ppi 170ppi 170ppi
Teknologi - - -
Fitur lain kapasitif, multitouch kapasitif, multitouch kapasitif, multitouch
KAMERA
Belakang 8MP - -
Flash ada tidak ada tidak ada
Video ya ya ya
Fitur Geo-tagging, autofocus - -
Depan VGA 0.3MP 1,3MP
KONEKTIVITAS
Jaringan Dual On, GSM-GSM tidak ada tidak ada
3G ya - -
Position GPS with A-GPS GPS GPS
Bluetooth v2.1 with A2DP v4.0 tidak ada
Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot 802.11 b/g/n 802.11 b/g/n
USB microUSB microUSB microUSB, USB On The Go
Browser HTML HTML, HTML5 HTML, HTML5
Other - OTA Sync, Computer Sync OTA Sync, Computer Sync
MULTIMEDIA
Musik Player ya ya ya
Video Player ya ya ya
Fitur TV analog, FM Radio - -
HARDWARE
Chipset MTK 6577 - -
Prosesor ARMv7 Dual core 1GHz Dual core Mediatek 1.2GHz Single core VIA WM8950 1.0GHz
GPU - PowerVR SGX 531 Mali-400
RAM 512MB 512MB 1GB
STORAGE 4GB 8GB 8GB
MicroSD ada, hingga 32GB ada, hingga 32GB ada, hingga 32GB
BATERAI
Kapasitas 3500mAh 2710mAh 4270mAh
Tipe Lithium-ion Lithium-polymer Lithium-polymer
Talk time n/a n/a n/a
Standby n/a n/a n/a
Removable ya tidak tidak
BENCHMARK
Antutu 5826 6448 4410
Quadrant Standart 2848 3150 2173
FITUR LAIN
Radio FM ya - -
Game - ya ya
Sensor - Accelerometer Accelerometer
KESIMPULAN
Harga
(per April 2013)
Rp. 1.550.000 Rp. 1.500.000 Rp. 1.550.000
Kelebihan - Layar 7 inchi
- Dual On GSM
- Bisa telepon dan sms
- Support 3G
- TV analog dan Radio FM
- Kamera tajam dan jernih
- prosesor dual core
- Bodi nyaman digunakan
- Android Jelly Bean
- Prosesor dual core 1.2GHz
- Performa paling bagus
- Memori internal besar
- Kapasitas baterai besar
- Sudah Jelly Bean
- Desain bodi oke
- Memori RAM besar
- Memori internal besar
- Support USB OTG
Kekurangan - Bodi licin
- Tidak dibawakan game default
- Masih Android ICS
- Kamera jelek
- Kapasitas baterai kecil
- Tidak bisa telepon dan sms
- Kamera masih kurang bagus
- Tidak ada fitur telepon
- Prosesor single core
- Tidak ada Bluetooth
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...