Adu Fitur Samsung Galaxy S4 vs HTC One, mana yang paling sesuai dengan kebutuhan anda

Diposkan oleh: di 19:17 | 1 Komentar
Anda mungkin sudah pernah membaca ulasan mengenai review Samsung Galaxy S4 atau HTC One namun jika anda masih sedikit bingung manakah dari kedua smartphone high-end tersebut yang paling sesuai dengan kebutuhan anda, maka perbandingan kedua perangkat canggih dibawah ini bisa membantu kebingungan anda. Dalam ulasan ini kita akan membahas kedua perangkat ini yang dibagi dari berbagai fitur penting yang membedakan pengalaman pengguna sehingga memudahkan anda untuk memilih diantara keduanya.

Pada kedua smartphone ini, HTC memberikan rasa baru bagi pengalaman pengguna dengan HTC Sense 5.0 dan Samsung memberikan segalanya untuk TouchWiz nya, sehingga kedua perangkat high-end tersebut memberikan pengalaman pengguna yang sangat berbeda. Mari kita lihat bagaimana HTC dan Samsung memberikan kita cita rasa yang berbeda dari pengalaman menggunakan smartphonenya.

PRODUKTIVITAS
Penggunaan smartphone saat ini sudah seperti anda menggunakan sebuah komputer namun bisa anda bawa dalam saku. Anda bisa memerikasa email, mencari kontak telepon, mengedit dan membuat dokumen presentasi dan masih banyak lagi. Produsen sering kali memberikan pre-load aplikasi untuk memberikan pengalaman produktivitas anda pada smartphone high-end nya.

Samsung Galaxy S4
Kali ini, Samsung melakukan banyak pekerjaan dalam membuat Galaxy S4 untuk membuat pengguna lebih produktif dalam menggunakannya. Memberikan pre-load dengan aplikasi kantor dan Polaris untuk pembuatan dan mengedit dokumen. Selain itu tersedia aplikasi S-Translator untuk memudahkan anda menguasai bahasa asing layaknya seorang yang ahli, ada juga scanner optik yang membantu memindai kode QR dan dokumen seperti memindai kartu nama dengan cepat menggunakan kamera 13 megapiksel yang ada dibelakang.

Samsung juga memberikan S Notes yang disinkronkan melalui cloud yang mirip dengan Microsoft OneNote yang ada pada tablet on-the-go.Selain itu jika anda seorang mahasiswa atau pekerja kantor dapat menggunakan fitur ini untuk merekam catatan audio yang dapat disinkronkan untuk catatan tertulis atau ketikan di S Notes. Fitur ini mirip dengan yang ada pada perangkat HTC yang disebut LiveScribe pada HTC Flyer dan HTC Scribe Magic Pen.

Ada juga fitur Multi-Window View yang memberikan welcome screen lainnya pada Galaxy S4. Dengan fitur ini pengguna dapat melakukan dua tugas secara bersamaan. Namun saat ini masih tersedia hanya beberapa aplikasi yang mendukung fitur ini.

Jika anda sedang dalam sebuah pertemuan dengan beberapa orang dan dalam tempat tersebut terdapat produk Samsung HDTV maka anda dapat menggunakan fitur Group Play yang memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming dokumen, presentasi atau foto secara realtime untuk semua perangkat melalui Wi-Fi atau Wi-Fi Direct. Selain itu juga tersedia USB on-the-go yang memungkinkan anda tetap bisa melihat isi dalam flashdisk disaat anda tidak membawa perangkat komputer.

HTC One
Sepertinya HTC meminimaliskan fitur produktivitas untuk HTC One, namun setidaknya sudah tersedia pre-load Polaris Office untuk bisa anda gunakan. Anda bisa menggunakan sejumlah aplikasi lain yang bisa anda download di Google Play secara gratis atau berbayar. Selain itu, pada HTC One juga tidak tersedia fitur USB OTG (on-the-go) dan memori eksternal sehingga anda harus lebih mendahulukan untuk menyimpan  file-file penting dalam memori internal yang disediakan sebesar 32GB.

LOCK SCREEN dan HOMESCREEN
Samsung Galaxy S4
Dalam hal ini Samsung banyak memberikan power dan tweak untuk flagship android barunya tersebut. Untuk Lockscreen, saat ini anda dapat menambahkan widget untuk meningkatkan fungsionalitas dari lockscreen Galaxy S4. Anda bisa langsung mengakses pintasan yang anda buat dalam lockscreen lebih cepat dan mudah untuk membukanya tanpa harus memasukkan kode keamanan telepon jika anda mengaktifkannya. Namun dengan menambahkan aplikasi misalnya Twitter pada lockscreen memungkinkan orang lain juga dapat melihat akun Twitter anda secara langsung, sehingga anda harus lebih cermat dalam memberikan pintasan dalam lockscreen.

Dalam lockscreen juga terdapat widget yang bagus menurut saya, yaitu disebut sebagai Communications and Notifications. Ini seperti fitur BlackBerry Hub di BlackBerry 10 yang memberikan notifikasi ke semua pesan anda seperti Gmail, Twitter, Facebook dan Linkedln. Dengan adanya fitur ini anda bisa lebih mudah untuk mengakses pesan anda tanpa harus berurusan dengan notifikasi lain.

Selain pada lockscreen, Samsung juga menambahkan widget kedalam notifikasi drop down sehingga anda dapat beralih ke beberapa pengaturan yang sering banyak diakses. Dengan adanya fitur ini anda bisa lebih mudah untuk mengatur antarmuka Galaxy S4 yang lebih sesuai dengan keinginan anda.

HTC One
Meskipun lockscreen pada HTC One tidak memiliki fitur seperti pada Galaxy S4, namun HTC memberikan inovasi baru pada layar Homescreen dengan memberikan widget pre-load yang disebut Blink Feed. Widget ini menggunakan UI berbasis tile namun tidak seperti pada Flipboards dalam Galaxy S4 atau pada Windows Phone 8. Setiap tile yang ada dalam Blink Feed menampilkan pemberitahuan, pesan atau update dari Facebook, Twitter atau Linkedln atau juga . Ini merupakan cara yang bagus untuk tetap terhubung dengan teman-teman social anda dan lebih menarik dibandingkan Flipboards. Sayangnya anda tidak dapat mematikan Blink Feed sehingga jika anda kurang suka dengan fitur ini maka anda harus tetap menggunakannya.

GESTURES dan MODE PINTAR
Samsung Galaxy S4
Samsung berjanji akan memberikan cara yang baik untuk mengontrol dan berinteraksi melalui Galaxy S4 melalui sentuhan. Seperti melayangkan jari diatas layar untuk mendapatkan informasi lebih lanjut melalui AirView, melambaikan tangan diatas sensor depan untuk menjawab telepon atau menggulir halaman web yang disebut Gesture Air. Selain itu juga terdapat Smart Stay, Smart Rotation, Smart Scroll dan secara otomatis video akan berhenti ketika anda sedang tidak melihat ke arah telepon. Samsung memberikan kemudahan untuk anda saat menggunakan smartphone ini walaupun anda merupakan seorang pemula sekalipun.

HTC One
HTC menawarkan gerakan output 3-finger yang jika diaktifkan memungkinkan pengguna untuk menghidupkan HTC Media Link HD output ke TV. Ada juga mode Power Saver yang dapat memeriksa penggunaan CPU, mengurangi kecerahan layar, mematikan getaran dan mematikan layanan data ketika layar dimatikan. Mode ini secara otomatis digunakan ketika ponsel kehabisan daya baterai. HTC One juga dilengkapi dengan inframerah di tepi atasnya. Bila digunakan dengan aplikasi HTC Sense TV dan software HTC remote memungkinkan pengguna untuk dijadikan remote kontrol untuk TV kita.

KAMERA
Samsung Galaxy S4
Samsung melengkapi Galaxy S4 dengan kamera belakang sebesar 13 megapiksel, kamera ini mampu memberikan hasil bidikan yang baik dan detail dalam kondisi pencahayaan yang cukup namun tidak untuk pencahayaan rendah. Kamera juga memiliki pengaturan yang lengkap dan tersedia tombol fisik untuk menshoot kamera sehingga bisa anda gunakan dalam berbagai adegan.

Samsung juga menambahkan fitur keren pada kamera Galaxy S4, terdapat dual-camera shot yang memungkinkan anda untuk memasukkan diri kedalam foto atau video dengan menangkap foto atau video melalui dua kamera yang ada dibelakang dan didepan.

Mode lainnya termasuk membuat foto animasi sederhana dengan format GIF dan menggabungkan serangkaian foto yang anda ambil sehingga anda mendapatkan satu foto yang dihasilkan. Samsung juga memiliki aplikasi Samsung Storybook yang memungkinkan pengguna untuk membuat album digital dengan layout bertema foto favorit anda sendiri.

HTC One
Pada HTC One memiliki inovasi kamera baru yang disebut kamera Ultrapixel. Ini merupakan kamera dengan kekuatan 4 megapiksel dengan hasil output akhir piksel yang ekstra besar, ada juga optical image stabilization pada kamera ini. Kamera HTC One mampu memberikan hasil foto yang lebih baik untuk kondisi cahaya rendah tanpa perlu tambahan lampu flash. Hal ini karena kamera ultrapixel yang ada pada HTC One memiliki BSI (back-illuminated) sensor 1/3-inci yang mampu memberikan hasil yang lebih baik dalam kondisi rendah cahaya. HTC mengklaim bahwa setiap piksel mampu menyerap cahaya hingga 300%.

HTC One juga memiliki mode kamera baru yang disebut HTC Zoe yang secara otomatis menangkap 20 foto dan video 3 detik. Anda dapat melihat foto dan klip Zoe tersebut secara bersamaan dalam slideshow dengan trek musik dan efek transisi.

MULTIMEDIA
Samsung Galaxy S4
Samsung memperluas konten yang tersedia di Google Play dengan Samsung Hub-nya sendiri. Ini menyediakan akses ke lebih acara TV, musik, film dan e-book. Dengan tambahan ini memungkinkan anda untuk menikmati hiburan yang lebih kaya dibandingkan HTC One.

Ada juga fitur hover AirView yang memungkinkan anda untuk melihat klip video dengan menggunakan jari anda diatas layar dalam pemutar video. Selain itu dengan adanya fitur cerdas seperti video berhenti saat anda sedang mengalihkan pandangan dari telepon dan melanjutkan saat anda kembali melengkapi pengalaman anda saat menyaksikan tayangan video pada Galaxy S4. Apalagi dengan peningkatan layar AMOLED full HD 1080p sehingga mampu memberikan tampilan yang lebih alami dan warna yang lebih natural.

Jika anda sedang berada dengan teman yang juga memiliki Galaxy S4, anda bisa memainkan lagu secara bersamaan pada kedua Galaxy S4 tersebut. Dalam hal ini satu telepon akan berfungsi sebagai speaker kiri dan telepon satunya akan menjadi speaker kanan. Ada juga fitur Play Group yang memungkinkan pengguna untuk bermain game secara multiplayer. Galaxy S4 juga terdapat fitur hiburan lain yaitu Samsung Watch On app yang dibangun diatas software Peel TV remote control.

HTC One
Fitur hiburan pada HTC One lebih terbatas dibandingkan pada Galaxy S4. Misalnya pada Car Mode, pre-load aplikasi radio Tune In akan mencari stasion radio di seluruh dunia untuk anda dengarkan. Ada juga HTC Watch yang mirip dengan Samsung Hub namun terbatas untuk konten video, sehingga anda hanya akan menyaksikan acara TV dan film untuk menambah hiburan anda selain dari Google Play.

Ada juga Radio tuner yang bisa anda gunakan saat headphone terpasang ditelepon. Ini merupakan hiburan gratis yang bisa anda dapatkan daripada Tune In radio yang membutuhkan koneksi internet untuk melakukannya.

Semua ini dapat anda nikmati dengan lebih maksimal melalui speaker stereo BoomSound HTC, teknologi BeatsAudio dan layar full HD 1080p Super LCD 3.0. Ini merupakan pengalaman hiburan yang baik yang disediakan oleh HTC One.

KESIMPULAN
Samsung Galaxy S4 dan HTC One sama-sama memberikan fitur-fitur keren untuk perangkat high-end. Dari segi produktivitas dan fitur pintar Samsung lebih unggul dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan HTC One, namun dari segi kamera, HTC One lebih unggul untuk memaksimalkan pengalaman anda dalam mengabadikan momen-momen penting anda. Untuk segi hiburan dan homescreen, kedua perangkat ini menyajikan fitur yang berbeda namun sama-sama memiliki ciri khas tersendiri.
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

1 komentar:

  1. Dengan fitur Soundboom dan speaker stereo Untuk kualitas suara HTC One jauh lebih unggul.

    Ceha
    Hi-end audio entusiast

    BalasHapus

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

1 komentar:

  1. Dengan fitur Soundboom dan speaker stereo Untuk kualitas suara HTC One jauh lebih unggul.

    Ceha
    Hi-end audio entusiast

    BalasHapus

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...