Microsoft ambil alih bisnis ponsel Nokia senilai Rp. 79 triliun

Diposkan oleh: di 08:56 | 0 Komentar
Kabar mengejutkan datang diawal bulan September ini, demi memperkuat kerajaan bisnisnya, Microsoft akan membeli sebagian besar bisnis utama Nokia dengan harga yang fantastis yaitu 5,44 milyar Euro (sekitar Rp. 79 triliun). Harga tersebut merupakan total pengeluaran Microsoft untuk mengakuisisi bisnis ponsel dan layanan Nokia sebesar 3,79 miliar euro dan lisensi paten Nokia sebesar 1,65 miliar euro. Dengan kesepakatan tersebut Microsoft akan memperkukuh upayanya dalam bersaing dengan Google dan Apple.

Langkah besar Microsoft untuk membeli bisnis Nokia merupakan wujud keseriusannya dalam terjun ke bisnis smartphone dengan membawa sistem operasi besutannya. Pada awal tahun 2011 lalu, Nokia menyetujui untuk bermain di smartphone berbasis Windows Phone dan mampu bertengger di posisi ketiga, mengalahkan BlackBerry. Kini dengan mengambil alih sebagian besar bisnis utama Nokia, Microsoft percaya bahwa kedepannya mampu berhasil dalam bisnis smartphone.

Sebagian perjanjian dalam transaksi tersebut, beberapa eksekutif Nokia akan tetap dipekerjakan seperti Stephen Elop (sebelumnya menjabat sebagai CEO dan Presiden Nokia) kini menjadi wakil presiden dari perangkat dan layanan Nokia, Risto Siilasmaa menjadi CEO Nokia sementara(sebelumnya Ketua Dewan Direksi Nokia) dan beberapa karyawan lain termasuk Jo Harlow, Juha Putkiranta, Timo Toikkanen dan Crish Weber. Selain itu Microsoft juga diharapkan untuk mentransfer sebagian besar karyawan Nokia yang saat ini ada sekitar 56.000 orang.

Selain perangkat berbasis Windows Phone, Nokia juga menjual bisnis perangkat Non-Windows, termasuk ponsel dasar dan series Asha. Lantas apa yang akan dilakukan Nokia untuk kedepannya? Mantan jawara ponsel ini akan tetap melanjutkan bisnis lain yang tidak dibeli Microsoft yaitu Infrastruktur jaringan, layanan HERE pemetaan dan lokasi serta pengembangan teknologi.

Sumber: The Verge via Nokia Press
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...