10 Tips Cerdas Dalam Memilih Ponsel Kamera

Diposkan oleh: di 20:48 | 0 Komentar
Banyaknya penggunaan ponsel di Indonesia merupakan salah satu pemicu para industri pembuat telepon genggam gencar menghadirkan ponsel terbarunya dalam rentang waktu yang berdekatan. Beragam jenis ponsel memikat dengan desain, fitur dan harga untuk mencari para konsumen di pasar Indonesia, bahkan tak segan-segan para vendor global merilis ponsel terbarunya untuk pertama kali diluncurkan di pasar Indonesia.

Dari sekian banyak fitur yang ada pada ponsel, salah satu fitur yang turut menjadi pemikat di mata pengguna adalah dari segi kamera. Fitur kamera ponsel bahkan bisa menjadi alternatif bagi para pengguna untuk mengabadikan momen-momen penting tanpa perlu ribet membawa kamera digital.

Kepopuleran fitur kamera yang ada pada perangkat telepon menjadikan vendor-vendor pembuat telepon genggam membuat inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan fitur tersebut. Tidak heran jika saat ini kamera pada ponsel sudah semakin canggih dan hasil yang tak kalah dari kamera digital sekalipun.

Bagi anda yang ingin mencari ponsel dengan melihat dari segi fitur kamera, saya memiliki beberapa tips untuk anda dalam memilih ponsel kamera:

1. DESAIN PONSEL KAMERA
Desain, berat dan ukuran merupakan bagian penting dalam memilih ponsel kamera. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap kenyamanan saat menggunakan ponsel tersebut mengambil sebuah objek. Pilihlah ponsel kamera yang memiliki desain simple dan ringan serta mudah untuk anda bawa kemanapun.

2. RESOLUSI KAMERA
Resolusi merupakan jumlah piksel yang tersusun dalam sebuah gambar digital. Semakin banyak / tinggi resolusi piksel pada suatu foto akan berpengaruh terhadap kualitas foto tersebut, apalagi jika anda ingin mencetak foto dalam ukuran yang lebih besar. Biasanya untuk ponsel kelas menengah kebawah kamera yang dibenamkannya beresolusi dibawah 5 mega piksel, sedangkan untuk kelas menengah ke atas dibenamkan kamera sebesar 5 mega piksel keatas, bahkan ada yang mencapai 41 mega piksel.

3. AUTOFOCUS, LENSA dan SENSOR
Ponsel kamera dengan fitur autofokus merupakan hal yang wajib dimiliki, karena dengan fitur tersebut kamera akan bisa memberikan titik fokus pada area objek yang akan dibidik. Untuk lensa kamera, biasanya saat ini kamera ponsel kebanyakan menggunakan lensa Carl Zeiss. Sedangkan untuk sensor terdapat dua tipe yaitu CCD (Charge Coupled Device) dan CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) yang kebanyakan dibekalkan pada ponsel dengan konsumen leel menengah ke atas.

4. WHITE BALANCE, EXPOSURE, SCENE MODE
White Balance membantu pengaturan exposure yang mengkondisikan keadaan cahaya sekitar objek. Tanpa kedua fitur tersebut anda akan mendapatkan hasil foto yang kurang maksimal. Sedangkan Scene Mode membantu pengaturan exposure untuk mengkondisikan cahaya saat siang, malam, indoor dan outdoor. Fitur ini biasanya terdapat pada ponsel mulai dari level low end hingga high end.

5. FLASH LIGHT (LAMPU KILAT)
Fitur Flash Light juga merupakan faktor penting dalam memilih ponsel kamera. Dengan adanya lampu kilat ini anda akan diberikan hasil maksimal saat mengambil objek di dalam ruangan atau di saat malam hari. Flash Light dibedakan menjadi tiga jenis yaitu Single LED Flash, Dual LED Flash dan Xenon Flash. Cahaya yang dihasilkan dari Xenon Flash memiliki tingkat keterangan hingga 1000 kali dibandingkan tipe LED Flash, tetapi hal ini juga berdampak pada penggunaan konsumsi daya baterai yang besar.

6. MAKRO, FACE n SMILE DETECTION, IMAGE STABILIZER
Fitur makro biasanya disematkan pada ponsel kamera untuk level menengah ke atas. Fitur ini dapat digunakan untuk memfokuskan objek yang dekat dengan lensa dengan menghasilkan kualitas yang lebih tajam dan detail. Face n Smile detection merupakan teknologi untuk mengenali wajah dan senyuman. Saat kamera digunakan mengambil objek manusia, dengan teknologi tersebut kamera akan bisa mengenali wajah dari objek yang akan diambil dan sekaligus memberikan titik focus pada area wajah bukan pada tengah-tengah gambar, sedangkan untuk smile detection akan mengaktifkan tombol shutter secara otomatis saat mengenali objek yang tersenyum. Untuk Image Stabilizer sangat membantu pengguna yang memiliki tangan gemetar dalam mengambil objek foto dan memberikan hasil foto yang tidak berbayang atau goyang.

7. AKSES TOMBOL KHUSUS KAMERA
Dengan adanya tombol khusu kamera akan memberikan kemudahan pengguna dalam menggunakan fitur kamera.Tombol khusus kamera akan memberikan akses cepat saat pengguna ingin segera menggunakan kamera tanpa perlu mencari ke menu terlebih dahulu.

8. KUALITAS REKAMAN VIDEO
Kamera selain digunakan untuk mengambil objek tentunya juga memiliki fitur merekam video. Kualitas merekam video ditentukan oleh berapa besar Frame per Second (FPS), semakin tinggi FPSnya maka semakin bagus kualitas video yang dihasilkan.

9. UPLOAD SOCIAL NETWORKING
Buat anda yang sering beraktifitas menggunakan jejaring sosial, fasilitas upload langsung melalui ponsel kamera merupakan faktor yang harus ada. Anda bisa langsung berbagi hasil kamera tersebut tanpa harus memindah ke perangkat lain untuk di upload ke jejaring sosial seperti facebook, twitter, youtube dan masih banyak lagi.

10. KAPASITAS MEMORI
Ruang penyimpanan dalam ponsel kamera merupakan salah satu faktor penting yang harus anda cermati. Dengan kapasitas memori yang besar anda akan lebih nyaman saat mengambil objek tanpa harus terhambat dengan minimnya ruang penyimpanan yang ada pada ponsel tersebut.
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...