Review Nokia Asha 308 - Andalkan Dual SIM dan Easy Swap

Diposkan oleh: di 11:50 | 0 Komentar
DESAIN
Dimensi: 109,9 x 54 x 13 mm, 67cc; Berat: 104gram; Model: Candybar
Nokia Asha 308 memiliki bentuk desain yang mirip dengan Asha 309, mulai dari dimensi dan bobotnya. Bentuk keseluruhan juga tidak berbeda jauh dari bentuk khas seri Asha yaitu berbentuk trapesium pada bagian atas dengan sudut yang membulat argonomis pada bagian bawah. Dibawah layarnya terdapat dua buah tombol konvensional yang memiliki fungsi dial untuk sebelah kiri dan end call untuk sebelah kanan yang sekaligus juga untuk menghidupkan/mematikan ponsel.

Pada bagian sisi kiri ponsel terdapat tombol volume dan tombol pengunci layar sedangkan pada sisi kanan terdapat slot kartu SIM card dengan dukungan Easy Swap sehingga memudahkan pengguna untuk menukar dua kartu SIM tanpa harus melepaskan baterai. Untuk bagian atas Nokia Asha 308 terdapat port microUSB, port charger dan port jack audio 3.5mm.

LAYAR
Display: TFT Capacitive Touchscreen, 56K warna, 3.0 inci; Resolusi: 240x400 piksel (155ppi); Multitouch; Protection: Scratch-resistant glass
Nokia Asha 308 menggunakan layar touchscreen dengan lebar 3.0 inci yang cukup responsif saat mendapatkan sentuhan jari. Layar juga berjalan lancar dan menyenangkan saat digunakan olah menu dari halaman ke halaman tanpa ada kendala yang berarti. Namun kenyamanan itu harus bisa anda gunakan secara hati-hati karena layar pada Asha 308 belum dilengkapi perlindungan kaca menggunakan Gorilla Glass sehingga ketahanannya belum bisa terjamin seperti seri Asha 311 sebelumnya.

Layar juga memiliki kedalaman warna yang cukup baik untuk memancarkan grafik dengan kualitas yang jernih dan jelas. Selain itu juga terdapat notification tray yang unik pada bagian atas layar yang bisa menampilkan isinya dengan menariknya ke bawah.

Untuk membuka pengunci layar, anda cukup menyapu layar dari sisi kanan ke kiri untuk membukanya. Pada halaman menu terdapat 3 buah slide sheet yang menuju homescreen untuk slide pertama yang bisa anda kostumisasi dengan aneka pintasan. Untuk slide ke 2 merupakan halaman menu sedangkan slide ke 3 untuk call dialler.

KAMERA
Kamera: 2MP (1200 x 1600 piksel); Video: 176x144 @13fps
Nokia Asha 308 hanya dibekali dengan kamera berkekuatan 2 MP yang terdapat pada bagian belakang bodinya. Kamera juga tidak dibekali tambahan lampu kilat untuk kondisi pengambilan dalam keadaan kurang cahaya sehingga sangat tidak cocok jika anda gunakan pada malam hari. Kualitas yang dihasilkan oleh kamera Asha 308 cukup tajam untuk pengambilan di luar ruangan, sedangkan untuk di dalam ruangan kurang begitu bisa diandalkan.  Untuk kualitas video yang dihasilkan terdapat sedikit melambat saat pengambilan objek yang bergerak.

AUDIO dan VIDEO Player
Audio Player: MP3 / WAV / WMA / AAC+; Video Player: MP4 / H.264 / H.263 / WMV; Radio FM with RDS, FM Recording; Loudspeaker
Nokia Asha 308 memiliki pemutar musik dengan tampilan album art yang dibawahnya dilengkapi panel audio seperti play/pause, forward dan rewind. Pemutar audio juga dilengkapi beberapa setingan musik equalizer seperti normal, pop, rock, jazz dan klasik. Sedangkan kualitas suara yang dihasilkan dari speakernya terdengar jernih dan jelas dari berbagai komposisi musik yang ada didalam musik yang diputar.

Nokia Asha 308 juga dilengkapi fitur FM Radio yang dibekali kemampuan merekam siaran yang sedang berlangsung.

FITUR LAIN
Java MIDP 2.1; Organizer; Voice Memo; Predictive Text Input; Dictionary; Timer; Voice Recorder; News Read; Weather; Tips and Offers; Email; Facebook; Twitter Maps; 40 Game EA Gratis
Fitur - fitur lain yang dimiliki oleh Nokia Asha 308 diantaranya fitur Social Media Connectivity yang menghubungkan langsung dengan sosial media Twitter. Selain itu juga terdapat 40 games keluaran EA yang diberikan secara gratis dengan cara mendownloadnya melalui link yang sudah disediakan. Beberapa game yang diberikan yaitu Need For Speed, Bejeweled dan masih banyak lainnya.

HARDWARE
Prosesor: 800MHz; Internal memori: 64MB; Eksternal Memori: microSD hingga 32GB; Mass Memori: 128MB; Baterai: BL-4U 1110mAh; Wi-Fi 802.11 b/g; Bluetooth 3.0; SIM1 & SIM 2: GSM (2G)
Nokia Asha 308 dibekali dengan kemampuan prosesor berkecepatan 800MHz. Memori internal yang disediakan lumayan kecil hanya sebesar 64MB dengan tambahan slot untuk eksternal memori yang mampu menampung hingga 32GB. Ponsel ini disuplai daya dari baterai berkapasitas 1110mAh dengan tipe BL-4U.

KESIMPULAN
Harga: Rp. 950.000 per November 2012
Kehadiran Nokia Asha 308 menambah keluarga baru seri Asha yang beredar dipasar Indonesia. Berbekal fitur Dual Sim dengan Easy Swap memberikan kemudahan pengguna yang menggunakan beberapa layanan operator tanpa harus melepas baterai. Apalagi harga yang ditawarkan untuk bisa mencicipi produk Asha terbaru ini tergolong lebih terjangkau jika dilihat dari banyaknya fitur yang diberikan. Namun walaupun begitu sungguh disayangkan jika Asha 308 masih support pada jaringan 2G sehingga koneksi internet belum bisa secepat 3G dan juga fitur kamera yang kurang maksimal memberikan nilai kurang pada jajaran baru seri Asha tersebut.
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...