Tips Sederhana Mengembalikan Performa Ponsel Android Yang Lambat

Diposkan oleh: di 23:40 | 0 Komentar
Ponsel merupakan teman yang selalu menemani aktivitas kita selama 24 jam penuh setiap hari. Penggunaan terus menerus mengakibatkan semakin lama kinerja ponsel kita semakin hari semakin terasa lambat. Apalagi ponsel yang menggunakan sistem operasi Android ataupun berOS lainnya. Nah untuk anda yang memiliki ponsel ber OS Android yang merasa kinerja ponselnya terasa lambat, saya ada beberapa tips yang bisa mengembalikan performa ponsel Android anda tanpa perlu datang ketempat service.
1. Matikan Fitur Live Wallpaper
Walaupun penggunaan live wallpaper membuat tampilan ponsel Android anda lebih menarik, namun fitur tersebut juga memakan kinerja ponsel lebih banyak karena harus menampilkan animasi secara terus menerus. Dengan mematikan fitur ini, Android anda akan lebih ringan dan lancar saat sedang melakukan kegiatan di desktop.

2. Kurangi Jumlah Widget
Widget merupakan tampilan antarmuka dari sebuah menu screen yang menyuguhkan informasi tertentu dan dapat diganti atau ditambah oleh pengguna. Apabila widget tersebut tidak sedang anda gunakan sebaiknya untuk menghapusnya karena widget membutuhkan memori untuk menjalankan semua proses kerjanya dan itu akan berimbas pada kinerja ponsel.

3. Tutup Aplikasi Yang Berjalan Di Background
Saat anda mematikan aplikasi tanpa melewati proses menutup secara benar maka aplikasi tersebut sebenarnya masih berjalan di belakang background. Contohnya saat anda sedang menjalankan aplikasi tertentu dan anda mengklik tombol menu home maka aplikasi yang anda buka masih berjalan walaupun anda tidak melihatnya dilayar.

4. Matikan Auto Update Apps
Memberikan fitur update otomatis untuk aplikasi pada pengaturan Play Store memang memberikan anda memiliki aplikasi yang selalu uptodate tanpa harus mengeceknya secara manual. Tetapi fitur tersebut juga membuat beban ponsel Android anda semakin bertambah karena harus mengecek satu persatu aplikasi tersebut tanpa anda sadari.

5. Pindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal
Dengan memindahkan aplikasi ke memori eksternal akan memberikan ruang tambahan pada memori internal ponsel. Penggunaan memori internal yang terlalu besar juga akan memberikan kinerja ponsel Android anda semakin lambat begitu juga sebaliknya, semakin lapang ruang dalam memori internal semakin cepat pula kinerja ponsel Android anda.

6. Matikan Autorotate
Fitur autorotate pada ponsel Android memang memberikan kenyamanan saat anda gunakan dan bisa langsung menyesuaikan layar secara otomatis sesuai posisi dalam genggaman anda. Namun rotasi otomatis tersebut juga bisa mengakibatkan ponsel anda menjadi lag atau jeda saat layar berubah posisi. Cara untuk mematikan fitur autorotate bisa anda lakukan dalam menu setting > display > dan hilangkan tanda centang pada kotak disamping menu "autorotate screen".

7. Matikan Autobrightness
Kebanyakan ponsel Android sudah dilengkapi dengan sensor untuk mengatur kondisi cahaya disekeliling ponsel dengan menyesuaikan kecerahan layar yang digunakan. Namun fitur ini memerlukan konsumsi daya dan beban kinerja yang lebih besar sehingga ponsel akan lebih boros dan lebih lambat.

8. Gunakan Factory Reset
Cara ini merupakan langkah terakhir yang bisa anda gunakan apabila ke 7 cara diatas masih belum bisa mengatasi ponsel Android anda yang lelet. Dengan menggunakan Factory Reset ponsel Android anda akan kembali seperti saat masih baru anda beli. Tetapi anda harus membackup terlebih dahulu data - data penting yang ada pada memori internal ponsel sebelum menggunakan cara ini karena semua yang ada pada memori internal akan terhapus apabila anda menggunakan Factory Reset.
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...