Tips Menghemat Penggunaan Baterai BlackBerry Supaya Lebih Awet

Diposkan oleh: di 18:05 | 0 Komentar
Pernahkah anda merasa bahwa baterai BlackBerry anda cepat habis dan sering mengeces. Permasalahan tersebut merupakan salah satu yang sering dikeluhkan oleh pengguna BlackBerry. Baterai boros pada smartphone BlackBerry memang disebabkan oleh banyak faktor, entah itu penggunaan yang berlebihan, kinerja prosesor yang berat atau juga aktifnya penggunaan internet.


Buat anda yang merasa bahwa baterai pada BlackBerry nya terasa boros, beberapa tips ini bisa menjadi alternatif buat anda untuk memaksimalkan penggunaan baterai supaya bisa lebih lama saat digunakan.

1. Manfaatkan fitur Auto On - Off
BlackBerry memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mengatur hidup atau mati pada waktu yang ditentukan. Selain untuk menghemat daya baterai, fitur ini juga bisa anda manfaatkan untuk keperluan tertentu misalnya waktu jam istirahat dan apabila anda masih duduk dibangku sekolah, bisa anda atur saat jam sekolah sehingga aktifitas dalam sekolah tidak terganggu. Untuk mengaksesnya anda bisa melalui Option > Device > Auto On / Off.

2. Gunakan Tema Bawaan
Banyak sekali tema untuk BlackBerry yang tersedia di AppWorld. Kebanyakan, tema - tema tersebut menggunakan wallpaper animasi dengan gambar - gambar yang bergerak. Penggunaan wallpaper dengan gambar - gambar bergerak tentunya memberikan beban yang lebih besar pada ponsel dan itu juga berdampak pada penggunaan daya yang besar. Oleh karena itu sebaiknya BlackBerry anda menggunakan tema bawaan untuk menambah daya tahan baterai.

3. Matikan Fungsi yang tidak digunakan
Beberapa fungsi telepon yang sedang tidak anda gunakan sebaiknya segera dimatikan untuk menghemat konsumsi daya baterai. Misalnya Wi-Fi, GPS dan suara keypad. Untuk mematikan Wi-Fi silahkan anda menuju pilihan manage connection dengan cara menyentuh area yang menunjukkan jam di homscreen. Untuk GPS anda bisa mematikan fitur ini melalui Option > Device > Location Setting, ubah setting lokasi dengan pilihan Off. Untuk suara pada tombol keyboard bisa anda matikan dari menu Option > Typing and Language > Keyboard. Lalu hilangkan tanda centang pada pilihan Key Tone.

4. Matikan aplikasi yang berjalan di background
Pengguna BlackBerry mungkin belum banyak mengetahui bahwa aplikasi yang dimatikan dengan menggunakan tombol end call masih berjalan walaupun tidak terlihat. Dengan aktifnya aplikasi tersebut tentunya akan memberikan beban kerja yang lebih, terutama prosesor dan RAM sehingga membutuhkan pasokan daya yang besar.

Anda bisa menggunakan fitur application switcher untuk melihat aplikasi - aplikasi yang sedang berjalan dengan cara tekan menu > Swich Application atau dengan menahan tombol menu beberapa saat. Setelah itu anda masuk ke aplikasi yang ingin dimatikan dengan cara menekan menu dan pilih exit. Namun beberapa aplikasi pada BlackBerry tidak semuanya bisa dimatikan seperti Home, BBM, Browser, Phone dan Message.

5. Atur Jaringan ke 2G
Menggunakan jaringan 2G memang tidak secepat saat kita mengakses internet dengan 3G, tetapi jika jaringan 3G diarea tempat anda kurang stabil sebaiknya pilih jaringan 2G saja. Walaupun menggunakan jaringan 2G, anda tetap bisa mendapatkan update seperti email masuk ataupun notifikasi lainnya. Penggunaan jaringan 2G yang menggunakan transfer rate yang lebih rendah dibandingkan 3G bisa menambah penghematan konsumsi daya baterai pada BB anda. Apalagi jaringan 2G lebih stabil dibandingkan 3G. Untuk memindah ke jaringan 2G, anda bisa melalui Option > Network and Connection > Mobile Network. Lalu pilih network mode ke 2G.

Sebenarnya masih banyak cara - cara lain itu menghemat penggunaan baterai pada BlackBerry seperti mengatur kecerahan layar, menggunakan pengaturan profil yang sesuai dan sebagainya. Untuk tips - tips lain seputar BlackBerry bisa anda cari disini melalui kotak penelusuran seperti Kode - Kode Rahasia BlackBerry dan masih banyak lainnya.
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...