RIM Bayar Nokia Rp. 625 Milyar Lebih Untuk Kesepakatan Paten

Diposkan oleh: di 13:07 | 0 Komentar
Perusahaan asal Kanada, RIM (Research In Motion) akhirnya menanggapi permintaan Nokia yang akan memblokir penjualan BlackBerry di sejumlah kawasan akibat tuntutan penggunaan teknologi jaringan nirkabel (wireless-LAN) pada sejumlah perangkat BlackBerry. Akhirnya pihak RIM bersedia membayar Nokia untuk kesepakatan penggunaan paten untuk teknologi tersebut dengan nilai perjanjian mencapai USD 65juta (sekitar Rp. 625 milyar).

Nilai dari kesepakatan tersebut merupakan biaya untuk satu kali pembayaran yang tercakup di dalam belanja fiskal kuartal ke tiga tahun 2013 RIM. Selain itu, Nokia juga meminta pembayaran tahunan dari RIM atas penggunaan teknologi tersebut.

Seperti yang dilansir TechCrunch (28/12/12), Nokia dan RIM mengumumkan perjanjian paten baru pada tanggal 21 Desember. Dengan perjanjian tersebut akan menghentikan perseteruan antara kedua perusahaan tentang permasalahan paten.

Dengan adanya kesepakatan perjanjian tersebut, Nokia telah membatalkan tuntutan kepada RIM sehingga peluncuran BlackBerry 10 yang dikabarkan akan dilaksanakan pada 30 Januari tahun depan bisa berjalan dengan lancar.

Biaya royalti yang diminta oleh Nokia semakin memojokkan RIM untuk lepas dari masa-masa suram selama ini. Namun, dengan perjanjian ini RIM akan bebas hambatan dalam peluncuran BlackBerry 10 yang merupakan senjata terakhirnya untuk kembali bangkit dari keterpurukan.

Sumber via TechCrunch
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...