Format Video H.265 Sudah Disetujui ITU, Memutar Video HD Semakin Mudah

Diposkan oleh: di 23:08 | 0 Komentar
Codec H.265


Sebagai pengguna smartphone pastinya pernah memutar video streaming berkualitas HD. Untuk menikmati kualitas video HD dengan lancar, anda pastinya membutuhkan koneksi yang lumayan cepat dan stabil. Hal inilah yang sering menjadi kendala bagi pengguna smartphone untuk bisa dengan mudah menikmati streaming video HD di berbagai tempat di Indonesia di karenakan tidak semua tempat mendukung jaringan dengan koneksi yang cepat.

Setelah beberapa bulan MPEG mengusulkan codec H.265 yang dikenal sebagai High Efficiency Video Coding (HEVC) akhirnya telah disetujui International Telecommunication Union (ITU) sebagai standar resmi. Melalui proses kompresi yang dikembangkan pada format baru video tersebut akan memberikan pengguna kemudahan dalam memutar streaming video dengan kebutuhan bandwith yang berkurang 50% dibandingkan format sebelumnya.

Untuk bisa menggunakannya, kita harus menunggu adanya perangkat lunak dan akselerasi hardware yang akan mendukung video codec baru tersebut. Penggunaan codec H.265 akan memiliki manfaat bagi pengguna smartphone dengan bisa melakukan streaming HD maupun panggilan video melalui jaringan seluler hingga menikmati siaran TV beresolusi Ultra HD 4K (3840 x 2160 piksel) dengan jaringan bandwich 20 - 30 Mbps.

Kita hanya perlu menunggu untuk perangkat yang akan mampu mendukung H.265 walaupun tidak dalam waktu dekat ini. Setidaknya ada harapan untuk bisa menikmati streaming video berkualitas Full HD melalui jaringan seluler dengan menggunakan bandwich yang kecil  namun tetap menghasilkan kualitas yang baik.

Sumber via Engadget
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...