Review Advan Vandroid T1-D - Tablet Android Dual Core Harga Sejutaan

Diposkan oleh: di 16:40 | 0 Komentar
Banyaknya permintaan masyarakat akan kebutuhan tablet dengan harga yang lebih terjangkau menjadikan Advan harus lebih pintar menghasilkan tablet baru dengan kinerja yang memadai namun tetap memiliki harga yang murah meriah. Advan T1-D yang merupakan lanjutan dari seri Vandroid T dipercaya bisa memikat konsumen Indonesia dengan peningkatan kinerja yang dibawanya yaitu berbekal prosesor dual-core 1GHz Cortex-A9. Lantas apa saja fitur pemikat lain dari tablet lokal ini, berikut review dari kami.

DESAIN
Konsep desain yang digunakan oleh Vandroid T1-D tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya pada Vandroid T1Ci. Tablet ini memiliki ukuran bodi keseluruhan 198 x 123 x 100 mm dan berat yang lumayan. Pada bagian belakang nampak warna silver yang menghiasi seluruh bodinya, namun anda jangan terkecoh jika bahan yang digunakan bukan terbuat dari metal melainkan merupakan bahan plastik yang dilapisi dengan warna silver metalik sehingga menjadikannya terlihat lebih kuat dan premium bagaikan berbahan metal.

Sama seperti pendahulunya, Vandroid T1-D juga tidak dibekali tombol fisik pada bagian depan sehingga seluruh pengoperasiannya mengandalkan layar sentuhnya. Pada bagian kanan (posisi horisontal) terdapat tombol daya atau pengunci layar dan tombol pengatur volume. Sedangkan pada sisi kiri terdapat lubang untuk SIM Card dan microSD dengan kemampuan Hotswap dan dilengkapi penutup plastik untuk melindungi dari debu atau air. Dengan adanya fitur Hotswap pada SIM Card dan microSD memudahkan pengguna untuk mengganti SIM Card atau microSD tanpa harus merestart tablet untuk mendeteksi dan membacanya.

LAYAR, INTERFACE dan OS 
Walaupun saat ini sudah banyak tablet dengan ukuran layar yang sangat lapang namun sepertinya Vandroid T1-D masih menggunakan layar berukuran 7 inchi. Kerapatan layar pada tablet ini juga masih dibilang standart tidak besar dan tidak kecil yakni 240ppi. Layar Vandroid T1-D juga memiliki kemampuan multi finger touch sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan zoom, scroll, pinch dan rotasi secara digital hanya dengan menggunakan gerakan jari tangan.

Untuk tampilan antarmuka yang disajikan oleh Vandroid T1-D masih sebatas bawaan standart dari OS Android 4.0.4 ICS yang bisa dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk tampilan mode pengunci layar (lock screen) anda akan menemukan sebuah gembok yang bisa ditarik ke kanan untuk menuju Home dan ke kiri untuk mengakses kamera. Untuk halaman menu terdapat jajaran ikon berukuran 4x5 yang tersusun grid secara rapi. Sedangkan untuk perpindahan antar halaman bisa menggesekkan kekiri atau kekanan.

FITUR TELEPON dan KONEKTIVITAS
Advan Vandroid T1-D bekerja pada jaringan frekuensi GSM 900/1800, UMTS 2100 sehingga bisa digunakan untuk panggilan telepon dan SMS layaknya ponsel pada umumnya. Untuk mengakses internet, Vandroid T1-D juga sudah mendukung kemampuan layanan HSDPA/3G sehingga anda bisa menikmati aktivitas mobile anda lebih cepat dan nyaman. Selain itu sebagai alternatif lainnya juga dibekali adanya jalur koneksi via Wi-Fi saat anda berada di area hotspot. Untuk koneksi lain tersedia Bluetooth v3.0 dan port microUSB.

KAMERA dan VIDEO
Untuk urusan fotografi Advan vandroid T1-D dibekali dengan dua buah kamera dengan kamera utama 3MP dan kamera depan 1,2MP. Kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera utama Vandroid T1-D masih terlihat adanya bintik-bintik dan sedikit memudar. Apalagi dengan absennya LED Flash menjadikan hasil kamera tersebut semakin kurang bagus saat digunakan didalam ruangan.

Sedangkan untuk merekam video, kamera pada Vandroid T1-D hanya mampu menghasilkan video hingga kualitas VGA. Hasil rekaman juga masih terlihat pecah-pecah dan terasa ada lag saat diputar. Namun untuk pemutar video pada tablet ini sudah mendukung kualitas full HD 1080p.

HARDWARE
Untuk urusan dapur pacu yang akan menjadi tenaga Vandroid T1-D dibekali dengan prosesor MTK6577 dual-core 1GHz dan GPU PowerVR SGX531. Perpaduan itu menghasilkan kinerja yang cukup mumpuni untuk melakukan beberapa tugas sekaligus namun masih sebatas dengan beban yang medium kebawah. Selain itu juga dibantu dengan RAM sebesar 512MB dan ruang penyimpanan internal yang cukup lapang sebesar 4GB. Jika dirasa masih kurang bisa menambahkan memori microSD hingga kapasitas 32GB.

KESIMPULAN
Meskipun beberapa hardware pada Vandroid T1-D mengalami penurunan dari segi kamera dan perbedaan prosesor dan GPU dibandingkan Vandroid T1Ci namun hal ini pantas jika melihat dari perbedaan harga yang ditawarkan dari kedua tablet tersebut. Meskipun begitu performa yang dihasilkan oleh tablet ini cukup bisa diandalkan dan bersaing dengan tablet brand global seperti Asus Memo Pad.

Kelebihan:
+ Kemampuan Hotswap
+ Prosesor Dual-Core
+ Bisa telepon dan SMS
+ Support jaringan HSDPA / 3G
+ Desain terlihat premium
+ Harga Terjangkau

Kekurangan:
- Kualitas kamera masih dibawah rata-rata
- Tidak ada tombol shutter fisik kamera dan LED Flash
- Masih Android ICS
- Tidak support port OTG untuk membaca flashdisk

SPESIFIKASI ADVAN VANDROID T1-D
SpesifikasiKeterangan
Jaringan GSM/UMTS/HSDPA
Dimensi 198 x 123 x 100 mm
Berat -
Display 7 inchi TFT Touch Panel Capacitive, resolusi 1024 x 600, 240ppi, multi finger touch
Kamera Utama 3MP (2048 x 1536), video recorder VGA
Kamera Sekunder 1.2MP (1280 x 960), video call/chat
Konektivitas HSDPA/3G, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v3.0+EDR, MicroUSB 2.0
Chipset MT6577
Prosesor Dual-core 1GHz
GPU PowerVR SGX531
OS Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich
RAM 512MB
Memori Internal 4GB
Memori Eksternal MicroSD hingga 32 GB
Sensor -
Baterai Li-polimer 3000mAh
GPS ada, A-GPS
Radio -
Browser HTML
Audio Player ya
Video Player ya
Warna pilihan Hitam dan Putih
Harga Rp. 1.399.000 (per April 2013)
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...