Review: Nokia Lumia 625 - Tampil besar namun layar kurang tajam

Diposkan oleh: di 14:07 | 0 Komentar
Lumia 625 merupakan produk terakhir yang diluncurkan Nokia sebelum diakuisisi Microsoft. Smartphone ini merupakan penerus dari seri sebelumnya Lumia 620 namun dengan tampil lebih memukau, bodi yang lebih besar dengan layar 4,7 inci dan tetap mengadopsi tampilan yang mencolok. Harga yang dibandrol untuk Nokia Lumia 625 juga terbilang wajar dengan apa yang disuguhkan, dikisaran harga 3 jutaan kita bisa membawa pulang smartphone berbasis Windows Phone 8 tersebut. Tertarik ingin memilikinya, sebaiknya pelajari lebih dekat dari review kami:

DESAIN
Meskipun menjadi penerus Lumia 620, anda akan melihat sejumlah perbedaan yang bisa dilihat dari Lumia 625. Tampil lebih besar dengan bentuk yang lebih ramping dan halus serta bodi belakang Lumia 625 muncul rapi saat dilihat disepanjang panel depan. Seperti halnya series Lumia sebelumnya, Lumia 625 juga mengusung bodi dengan warna-warni mencolok, termasuk hitam, kuning, orange, putih dan hijau. Warna yang ada dibagian bodi belakang membungkus sebagian besar bodi ponsel yang membatasi layar dan panel depan.

Bodi belakang terbuat dari plastik matte yang hampir tahan untuk sidik jari serta menggunakan teknik "dual shot" layering yang membantu menciptakan warna-warna baru untuk smartphone tersebut. Ini artinya anda bisa menggunakan dua lapisan polikarbonat, lapisan tunggal dengan satu warna dan lapisan transparan kedua dengan warna lain.

LAYAR
Lumia 625 memiliki layar yang besar dibandingkan seri Lumia sebelumnya, bahkan lebih besar dibandingkan Lumia 925. Layar tersebut berukuran 4,7 inci namun sungguh disayangkan bahwa resolusi yang dibawanya hanya 480x800 piksel tidak seperti ponsel lain yang berlayar besar. Dengan resolusi yang rendah dan ukuran layar besar menjadikan kedalaman piksel yang dibawa layar Lumia 625 hanya dibawah 200ppi. Kepadatan piksel yang rendah mengakibatkan layar kurang tajam saat anda menggunakannya memutar video berkualitas tinggi atau menjelajah internet dengan menzoom halaman yang anda kunjungi.

Kualitas layar IPS juga kurang maksimal meskipun warna tampak cerah dan akurat, absennya lapisan ClearBlack yang pernah ada pada Lumia 620 membuat tampilan layar untuk warna hitam kurang dalam atau warna-warna cerah lainnya. Kabar baiknya, layar yang ada pada Lumia 625 bisa terlihat jelas saat digunakan dibawah sinar matahari serta menggunakan teknologi layar sentuh yang super sensitif yang pernah ada pada Lumia 920 sehingga mampu merespon sentuhan bukan hanya dari jari saja namun juga dari kuku, kunci mobil bahkan saat anda menggunakan sarung tangan.

KONTROL dan ANTARMUKA
Nokia Lumia 625 memiliki 3 buah tombol kapasitif dibawah layarnya dengan fungsi Back, Home dan Search. Dibawahnya lagi ada lubang microphone sedangkan pada bagian atas layar terdapat kamera VGA, lubang suara dan sensor jarak. Pada sisi kanan terdapat semua tombol perangkat keras seperti volume, tombol daya/kunci dan tombol shutter kamera.

Lumia 625 merupakan ponsel Windows Phone 8 dengan tampilan update Amber atau yang bisa kita sebut dengan Windows Phone update GDR2 dengan tweak Nokia sendiri. Dalam update tidak kita lihat adanya perubahan besar dari segi interface atau fitur, perbaikan software kamera, termasuk perubahan kecil untuk aplikasi Data dan untuk memblokir panggilan dan SMS.

Nokia juga memberikan aplikasi miliknya pada Lumia 625 seperti Drive Here, Maps dan Nokia Music serta aplikasi lain seperti Nokia Here dan Here City Lens.

KAMERA
Lumia 625 memiliki kamera 5MP pada bagian belakang dengan LED Flash. Anda dapat bermain-main dengan pengaturan yang disediakan dalam aplikasi kamera Windows Phone 8, termasuk adegan, efek kamera, ISO, kontras, white balance, saturasi, flash dan kedalaman. Windows Phone 8 juga membawa aplikasi lensa kamera yang memberikan fungsi yang lebih luas dari kamera seperti Bing Vision, Cinemagraph dan Smart Cam lense.

Meskipun hanya dibekali kamera 5MP namun hasil foto yang diambil oleh kamera Lumia 625 cukup terlihat mengesankan dengan hasil warna yang akurat. Sedangkan untuk kamera depan disediakan kamera berkualitas VGA.

KONEKTIVITAS
Nokia Lumia 625 mendukung jaringan quad band GSM dengan jaringan HSDPA. Namun untuk pasar selain Indonesia, Lumia 625 juga sudah mendukung jaringan LTE dengan kecepatan download 100Mbps dan upload 50Mbps.  Sedangkan untuk HSDPA mampu menawarkan kecepatan downlink 42Mbps dan uplink 5,76Mbps.

Anda juga bisa menggunakan Wi-Fi b/g/n untuk koneksi lokal dan sudah bisa mendukung Wi-Fi hotspot. Ada juga Bluetooth 4.0. Namun sayangnya untuk NFC tidak disertakan pada Lumia 625

KINERJA
Lumia 625 didukung oleh prosesor dual core Snapdragon S4 dengan kecepatan clock 1,2GHz. Namun sungguh disayangkan bahwa RAM yang ada masih sebesar 512MB meskipun itu masih dianggap cukup. Selain itu ada GPU Adreno 305 untuk memperkuat sektor grafis yang disuguhkan untuk bermain game atau menampilkan video. Windows Phone 8 merupakan OS yang stabil yang tanpa membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi sehingga dengan semua komponen dapur pacu yang ada tersebut masih mampu menjalankan Lumia 625 dengan baik tanpa adanya lag yang berarti.

KESIMPULAN
Tampil dengan konsep besar dan harga yang cukup terjangkau bisa menjadi alternatif bagi anda untuk mencoba smartphone berbasis Windows Phone 8 berlayar besar meskipun anda akan mendapatkan resolusi layar yang kurang maksimal. Pilihan ada ditangan anda, namun harga yang dibandrol untuk Lumia 625 bisa dikatakan pantas untuk kualitas yang disuguhkan smartphone ini.

Kelebihan:
+ Bodi besar dengan layar 4,7 inci
+ Kapasitas baterai cukup besar
+ Banyak aplikasi bawaan

Kekurangan:
- RAM hanya 512MB
- Resolusi layar rendah
- Tidak ada NFC
- Tidak ada sistem file manager
- Tidak ada sensor Compass dan Gyroscope


Spesifikasi Lengkap Nokia Lumia 625

Keterangan
Jaringan GSM: 850/900/1800/1900MHz
HSDPA: 900/2100MHz
Dimensi 133,3 x 72,3 x 9,2 mm
Berat 159 gram
Display IPS LCD 4,7 inci, 480 x 800 piksel, 199ppi, Multitouch, Corning Gorilla Glass 2
Kamera Utama 5MP, LED Flash, Autofocus, Geo-tagging, touch focus; Video: 1080p@30fps
Kamera Sekunder VGA
Konektivitas HSDPA, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Hotspot, Bluetooth 4.0, MicroUSB 2.0
Chipset Qualcomm Snapdragon MSM8930
Prosesor Dual core 1,2GHz Krait
GPU Adreno 305
OS Windows Phone 8 update GDR2
RAM 512MB
Memori Internal 8GB
Memori Eksternal MicroSD hingga 64GB
Sensor Accelerometer, Proximity
Baterai Li-Ion 2000mAh
Standby: 552 jam
Talktime: 24 jam
GPS Ada, A-GPS dan GLONASS
Radio FM Radio
Browser HTML5
Audio Player MP3/WAV/eAAC+/WMA
Video Player MP4/H.263/H.264/WMV
Warna pilihan Hitam, Putih, Orange, Hijau, Kuning
Harga Rp. 3.000.000 (Oktober 2013)
Update harga Nokia disini
Posting Lebih Baru Posting Lama Berlangganan

"Silahkan konfirmasi email yang kami kirimkan ke email anda untuk segera menerima kiriman artikel terbaru dari kami"

Sponsored:

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi apa yang anda pikirkan melalui komentar...